» » Makanan Cerdas : Mentimun

Makanan Cerdas : Mentimun

Penulis By on Tuesday, January 29, 2013 | No comments



Mentimun atau Cucumis sativus adalah buah yang mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Selain itu, mentimun juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Biji timun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.
Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan sebaliknya, rendah kalori, sehingga mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.
Selain sebagai pembersih ginjal, mentimun memiliki banyak manfaat lain. Satu buah ketimun segar, umumnya mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak, dan 2,2% karbohidrat. Selain itu ketimun juga mengandung zat bermanfaat lainnya, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.
Biji ketimun diketahui mengandung racun alkaloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati penyakit cacingan. Biji ketimun juga diyakini mampu meredakan radang tenggorokan, akibat batuk yang diikuti dengan hilangnya suara.
Mentimun juga bisa digunakan untuk mengompres saat Anda atau anak Anda demam. Tak perlu menambahkan es, karena buah ketimun sudah memberikan rasa dingin yang dibutuhkan untuk mendinginkan tubuh yang panas akibat demam.
Jus mentimun yang segar dan berguna untuk kesehatan, juga dapat merawat kulit dari kudis. Tak heran kalau mentimun dijadikan sebagai masker muka, sebab selain melembabkan, mentimun membantu kulit menjadi halus dan mulus.||
 Minarty Sastrina, S. Gz
sumber gambar : teknis-budidaya.blogspot.com
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya