» » Renungan : Empat Macam Orang

Renungan : Empat Macam Orang

Penulis By on Thursday, January 17, 2013 | No comments



 Pertama : Seorang hamba yang dikaruniai harta dan ilmu. Dia bertakwa kepada Tuhannya dan mempererat hubungan kekeluargaan serta mengetahui pula haknya Allah dalam apa yang dimilikinya itu, dialah seutama-utamanya.

Kedua : Seseorang hamba yang dikaruniai ilmu tanpa harta. Orang itu benar niatannya, lalu ia berkata: "Andaikata saya mempunyai harta, niscaya saya akan melakukan sebagaimana yang dilakukan si Fulan itu. Karena niatannya tadi, pahalanya sama antara ia dengan orang yang akan dicontohnya.

Ketiga : Seseorang hamba yang dikaruniai harta tanpa ilmu.  kemudian ia mempergunakan hartanya dalam hal-hal yang buruk. Serta ia tidak pula bertakwa kepada Tuhannya dan tidak suka mempereratkan tali kekeluargaannya, bahkan tidak pula mengetahui hak-hak Allah dalam hartanya itu, maka dialah seburuk-buruk hamba.

Keempat : Seseorang hamba yang tidak dikaruniai harta dan tidak pula ilmu. Lalu ia berkata: "Andaikata saya mempunyai harta niscayalah saya akan melakukan sebagaimana yang dilakukan oleh si Fulan. Maka orang ini karena niatannya adalah sama dosanya dengan orang yang akan dicontohnya itu." || BP Sembodo.

sumber gambar : ahmadzieqry.blogspot.com
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya