» » Ketika Visi mulai Luntur, sekolah mulai kehilangan arah…

Ketika Visi mulai Luntur, sekolah mulai kehilangan arah…

Penulis By on Tuesday, March 5, 2013 | No comments



Organisasi adalah sebuah sistem yang dibangun oleh komponen-komponen penyusunnya. Sekolah juga merupakan sebuah sistem yang memiliki beberapa komponen atau unsur yang membentuknya. Dalam teori sistem disebutkan bahwa bekerjanya sebuah sistem itu ibarat organisme. Artinya jika salah satu anggota tubuh itu sakit maka sakit pulalah seluruh badan dari organisme tersebut. Jika tangan, kaki atau organ tubuh yang lain menderita sakit maka seluruh tubuh akan merasakan sakit dan dampaknya. Jika salah satu komponen atau unsur organisasi ada yang tidak berjalan sesuai dengan fungsinya, maka kerja unsur atau komponen yang lain juga akan terganggu dan tujuan yang diinginkan pun sulit untuk tercapai. Oleh karenanya diperlukan kerjasama yang berkualitas antar komponen tersebut demi mencapai hasil yang optimal atau tujuan yang diinginkan.
Jika suatu organisme memiliki anggota gerak seperti tangan dan kaki; organ vital seperti jantung, paru-paru, otak; dan anggota tubuh yang lain maka sekolah memiliki komponen (bagian)  atau unsur-unsurnya juga yaitu ada kepala sekolah, guru, bagian administrasi, siswa, gedung (dalam artian tempat), sarana pembelajaran dll. Masing-masing komponen atau unsur itu mempunyai job discriptionnya atau tugasnya masing-masing. Komponen atau unsur yang satu dengan komponen atau unsur yang lain memiliki hubungan ketergantungan. Kelancaran kinerja suatu unsur (baca bagian untuk konteks sekolah) akan mempengaruhi kelancaran pada bagian-bagian yang lain. Dan jika satu bagian kinerjanya tidak beres maka akan menimbulkan ketidakberesan pada bagian-bagian yang lain. Misalnya saja ketika bagian keuangan suatu sekolah mengalami permasalahan ketidakteraturan pembukuan, maka imbasnya akan menjalar pada ketidakoptimalan pelaksanaan program kerja sekolah yang telah direncanakan karena bisa jadi dana program A dipakai untuk program B hingga terjadi devisit dan akhirnya program A tidak jadi terlaksana.
Jika ketidakberesan yang terjadi atau menimpa satu bagian tidak segera ditangani maka  dampaknya juga akan sangat mempengaruhi kesehatan bagian-bagian yang lain. Analogikan saja dengan suatu penyakit, jika virus yang menyerang suatu organ tidak segera ditangani atau dibasmi maka organ yang lain akan ikut tertular dan akhirnya banyak anggota tubuh yang sakit. Dan jika dibiarkan terlalu lama akan banyak organ yang terkena virus maka dengan sendirinya membutuhkan obat dengan dosis yang lebih banyak serta akan lebih lama dalam proses penyembuhannya. Sebagai contoh dalam kasus organisasi/sekolah, jika satu permasalahan saja misalnya keuangan tidak beres dan akhirnya menyebabkan beberapa program tidak berjalan maka akan sangat mungkin menurunkan kualitas sekolah di mata publik dengan kata lain sekolah tidak mampu melakukan penjaminan mutu. Dan imbas ke depannya adalah menurunnya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Maka bisa dibayangkan akhirnya jika lebih dari satu bagian yang mengalami penurunan kinerja. Dengan begitu tujuan utama yang ingin dibangun oleh sekolah tersebut tidak akan tercapai. Oleh karena itu maka permasalahan sekecil apapun dalam suatu bagian organisasi/sekolah perlu segera ditangani sebelum permasalahan itu semakin kompleks dan menjalar kemana-mana serta lebih sulit untuk diselesaikan.
Tujuan dari sebuah organisasi atau sekolah hanya bisa dicapai bila kondisi organisasi itu sehat. Dalam kondisi sakit-sakitan visi, misi maupun tujuan yang telah ditetapkan akan sulit untuk dicapai. Supaya sebuah organisasi termasuk di dalamnya sekolah tetap sehat dan tidak mudah sakit maka daya tahan tubuhnya harus dijaga. Tidak hanya aspek yang kasat mata/tampak saja-- seperti prasarana fisik-- yang harus dijaga kesehatannya, namun terlebih lagi adalah aspek yang tidak tampak/aspek intern yang ada dalam diri masing-masing personel organisasi seperti integritas dari para personel tersebut perlu dijaga.  Sedangkan untuk menjaga vitalitas/imunitas/kesehatan organisasi tersebut dibutuhkan kerjasama yang berkualitas dan saling pengertian antara unsur-unsur atau bidang-bidang yang ada dalam suatu organisasi tersebut. Artinya masing-masing bagian melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan tidak saling menjatuhkan satu sama lain. Sudahkah sebagai personel organisasi atau sekolah kita saling mendukung ?

Dr. Ali Mahmudi, 
Dosen Ilmu Matematika Universitas Negeri Yoyakarta 
sumber gambar : polnep.ac.id
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya