» » Renungan : Matahari

Renungan : Matahari

Penulis By on Monday, April 1, 2013 | No comments


 
Matahari merupakan bintang yang paling dekat dengan bumi dengan jarak rata-rata 93 juta mil atau lebih kurang 148 juta km. Jarak sejauh itu, sinar matahari sampai bumi setelah 8 menit mengarungi angkasa dengan kecepatan 300.000 km/detik.
Matahari adalah bola gas pijar dengan panas di permukaan 5.500 – 6.0000C. Seluruh jenis bahan dan logam apapun di bumi akan lebur pada suhu ini. Sedangkan panas pada inti mencapai 15 juta – 25 juta derajat celcius. Menurut Dr. Bothe, panas ini hasil dari reaksi nuklir yang disebut reaksi hydrogen helium sintetis.
Para ahli menggolongkan matahari sebagai bintang kecil, padahal diameternya 112 kali diameter planet bumi. Matahari kehilangan masa 4 juta ton setiap detiknya.
Matahari menghasilkan gelombang radio, sinar ultra violet, sinar infra merah, sinar X, dan angin matahari. Kadang-kadang juga memutarkan gulungan gas yang dapat mencapai 100.000 km ke angkasa.
Maha Besar Allah yang telah melindungi planet bumi kita dengan bermacam lapisan sehingga kita hidup nyaman dari kedahsyatan matahari. || 

Maryadi, 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya