» » Makanan Cerdas : SEMANGKA

Makanan Cerdas : SEMANGKA

Penulis By on Tuesday, May 14, 2013 | No comments


       
Segar, begitulah kesan yang melekat pada buah semangka. Sesegar rasanya, semangka membawa angin segar bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat semangka bagi kita? Semangka baik bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan karena cepat menghadirkan rasa kenyang dengan kadar gula yang terbatas dan kandungan air yang melimpah.
Selain itu, buah ini bebas lemak, sehingga aman dijadikan camilan setiap hari. Kandungan air yang banyak dan kalium yang tinggi dalam semangka dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Kandungan vitamin C dalam semangka juga dapat mencegah dan membantu penyembuhan sariawan. Warna merah atau kuning pada semangka menunjukkan adanya kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga semangka dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kanker.
Zat antioksidan terkuat dalam semangka adalah likopen. Likopen inilah yang handal menumpas sel kanker. Selain itu, likopen juga berguna untuk membuat wajah tampak segar dan bercahaya, meningkatkan kesuburan, serta berguna pula bagi para lansia untuk mempertajam daya ingat. Namun, semangka juga bersifat diuretic, yaitu memacu keluarnya kencing, sehingga tak heran jika banyak makan semangka membuat kita bolak-balik buang air kecil.
Tak perlu ragu menikmati kesegaran semangka setiap hari, jenis apapun, semangka lokal atau yang tanpa biji, semangka merah atau kuning, semangka bulat atau lonjong, karena khasiatnya tak jauh berbeda. 

Penulis : Ekaningrum Royani Putri, S. Gz.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya