» » Kismis

Kismis

Penulis By on Tuesday, July 9, 2013 | No comments


 
Kismis yang sangat manis disebabkan kepekatan gula yang tinggi, dan bila disimpan terlalu lama, gulanya akan membentuk kristal di dalam buahnya. Sebanyak 60% berat kismis terdiri dari gula, separuhnya fruktosa, dan separuhnya lagi glukosa. Kismis sangat tinggi akan kandungan antioksidan dibandingkan dengan buah prune dan aprikot. Kismis sendiri telah lama digunakan sebagai sumber diet untuk mendapatkan acid lemak dan tokoferol sebagai antioksidan.
Kismis berasal dari buah anggur (hijau atau hitam) yang dikeringkan.
Meski bentuknya kurang menarik, namun kismis memiliki banyak manfaat. Seperti buah kering lainnya, kismis sarat akan fruktosa dan glukosa dan memberi banyak energi bagi tubuh. Jadi kismis selain baik untuk mereka yang ingin tubuh ideal (karena meningkatkan energi untuk berolahraga) juga cocok untuk meningkatkan berat badan tanpa menambah kolesterol dengan kandungan gulanya. Kismis mengandung zat besi yang cukup untuk membantu perawatan anemia. Selain itu dalam kismis juga terdapat banyak vitamin B kompleks yang berguna untuk pembentukan darah.
Phenolic phytonutrients, dikenal karena memiliki fungsi sebagai pembunuh kuman, antibiotik dan antioksidan, banyak ditemui di kismis. Saat demam, Phenolic Phytonutrients akan membantu menyembuhkannya dengan melawan infeksi bakteri. Selain menyimpan kalsium yang baik untuk tulang, kismis juga banyak memiliki Boron, nutrisi mikro yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan penyerapan kalsium.
Kismis mengandung polyphenolic phytonutrients yang memiliki fungsi antioksidan dan baik untuk kesehatan dan kerusakan mata. Selain itu kismis juga mengandung banyak vitamin A, A-Beta Karotin dan A-Karotin. Asam Oleanolic, salah satu dari phytochemicals yang ada pada kismis memegang peranan penting dalam melindungi gigi dari pembusukan, karang gigi, dan melawan bakteria mulut yang menyebabkan sakit gigi. Sementara catechin, salah satu dari antioksidan pada kismis, sangat berguna dalam pencegahan tumor dan kanker kolon serta menjaga kesehatan jantung kita.||

foto : easygroceryoncall.com
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya