» » Membangunkan Anak di Pagi Hari

Membangunkan Anak di Pagi Hari

Penulis By on Monday, October 28, 2013 | No comments


Banyak orangtua yang mengalami kesulitan saat membangunkan anak di pagi hari. Tak jarang ada orangtua yang frustasi sampai melakukan dengan berbagai cara, seperti diancam akan diguyur air, diteriaki, bahkan dibangunkan dengan paksa.
Sebenarnya, ada berbagai tips sederhana untuk membangunkan anak di pagi hari tanpa harus berteriak yang menguras tenaga. Pertama, kenali kebiasaan tidur anak. Anak yang sering sulit dibangunkan di pagi hari ada kemungkinan ia juga mengalami sulit tidur di malam harinya. Jika benar, usahakan agar ia tidak makan malam berlebihan, atau mengonsumsi minuman berkafein, seperti minuman bersoda, di malam hari. Kedua, pastikan anak tidur nyenyak. Jika anak tidak mengalami kesulitan tidur, mungkin ia membutuhkan waktu tidur tambahan. Mungkin anak Anda bisa bangun tidur dengan mudah jika Anda menambahkan waktu tidur sekitar 30 menit.

Ketiga, coba trik yang berbeda dari biasa. Beberapa anak bisa dengan mudah terbangun ketika lampu kamar dinyalakan. Tapi, sebagian anak lainnya perlu digoyangkan tubuhnya, atau mendengar bunyi jam weker atau alarm, baru bisa bangun. Dari berbagai cara tersebut, cari tahu apa cara mana yang paling jitu untuk anak. Keempat, jadikan tanggung jawab
Secara perlahan, mintalah anak untuk tidak terlalu bergantung pada Anda untuk membangunkannya. Ajarkan ia untuk bisa mendengar alarm atau jam weker. Ajarkan pula anak agar terbiasa bangun tidur sendiri. Jika tidak dimulai dari sekarang, kebiasaan sulit bangun pagi juga bisa dialami saat ia beranjak dewasa.

Inilah pembahasan singkat mengenai teknik membangunkan anak di pagi hari. Teknik membangunkan antara anak yang satu dengan yang lain tentu akan berbeda. Karena itu, sesuaikan dengan situasi dan kondisi buah hati Anda. []

Beta Haninditya, Apt
Apoteker RSKIA Sadewa, Sleman

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya