» » Makanan Cerdas : Ketela Pohon

Makanan Cerdas : Ketela Pohon

Penulis By on Sunday, January 19, 2014 | No comments




Ketela pohon atau singkong, dalam bahasa Inggris bernama cassava, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya dikenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Di Indonesia sendiri ketela pohon menjadi makanan bahan pangan pokok setelah beras dan jagung.
Manfaat daun ketela pohon sebagai bahan sayuran memiliki protein cukup tinggi dan umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Kayunya bisa digunakan sebagai pagar kebun atau di desa-desa sering digunakan sebagai kayu bakar untuk memasak. Dengan perkembangan teknologi ketela pohon dijadikan bahan dasar pada industri makanan dan bahan baku industri pakan. Selain itu digunakan pula pada industri obat-obatan. 
Ketela pohon memiliki memiliki kadar protein cukup tinggi, sumber energi yang setara dengan karbohidrat, 4 kalori setiap gram protein. Selain itu, zat aktif yang dikandungnya dapat digunakan untuk bahan obat-obatan.
Ketela pohon juga merupakan sumber vitamin A, setiap 100 gram, mempunyai kandungan vitamin A mencapai 3.300 RE. Dengan demikian, mengkonsumsi ketela pohon akan membantu kesehatan mata Anda menjadi lebih baik. Kandungan serat yang ada di ketela pohon juga relative tinggi sehingga dapat membantu buang air besar menjadi lebih teratur dan lancar. Selain itu juga mencegah kanker usus dan penyakit jantung. Kandungan vitamin C per 100 gram daun singkong mencapai 275 mg. Persoalan sariawan dan kekebalan tubuh bisa lebih terjaga dengan asupan vitamin C di dalam ketela pohon ini.||

Ana Noorina, Pemerhati gizi


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya