» » Makanan Cerdas : Telur Puyuh

Makanan Cerdas : Telur Puyuh

Penulis By on Thursday, January 30, 2014 | No comments


Oleh Ana Noorina

Telur puyuh merupakan salah satu jenis makanan yang enak dan menyehatkan. Walaupun kulitnya penuh bercak, namun rasanya tidak kalah enak dengan telur biasa. Ukuran telur puyuh bisa dikatakan mini. Pada cangkangnya terdapat banyak bercak coklat dan hitam. Tekstur cangkang ini agak kasar. Telur burung puyuh banyak dikonsumsi sebagai salam satu sumber protein yang nikmat. Tak hanya di Asia, di Negara Eropa seperti Perancis pun gemar menyantap daging burung puyuh dan juga telurnya. Selain itu, Negara seperti Malta, Portugal dan juga India sudah lama dikenal dengan kuliner dari telur dan daging puyuh.
Berdasarkan uji klinis, telur burung puyuh diketahui mengandung protein sebanyak 13,1%, karbohidrat sebanyak 1,0%, lemak sebanyak 11%, lutein juga zeaksantin, kolin, globulin dan masih banyak lagi lainnya. Dengan kandungan yang kompleks tersebut, telur puyuh kemudian diketahui memiliki sederet khasiat.
Telur burung puyuh merupakan salah satu sumber protein yang baik. Jumlah protein pada telur puyuh jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan protein ayam ataupun bebek. Keunggulan lainnya adalah daya cerna protein telur jauh lebih baik ketimbang sumber protein lainnya.
Selain itu, telur burung puyuh juga merupakan nutrisi otak terbaik sebab komposisi lemak, vitamin dan mineralnya sangat baik memelihara otak. Senyawa kolin di dalam telur puyuh juga ampuh memelihara sistem saraf sehingga kinerja otak jauh lebih optimal. 
Bagi anak-anak, telur puyuh berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak. Sedangkan bagi lansia, konsumsi telur puyuh bisa menjauhkan kepikunan. Sementara itu, bagi ibu hamil, disarankan mengkonsumsi telur puyuh sebab bisa merangsang perkembangan otak janin.
Manfaat telur puyuh lainnya adalah menjaga kesehatan mata, mencegah perkembangan sel kanker dan juga tumor.  Zat lutein yang ada pada telur puyuh bisa menghambat penuaan dini.

Pemerhati gizi anak

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya