» » Anak Sehat : Olahraga, Yuk….

Anak Sehat : Olahraga, Yuk….

Penulis By on Thursday, May 29, 2014 | No comments

doc/thorif
Oleh Beta Haninditya


Olahraga dikenal sebagai kegiatan yang dapat memberi pengaruh positif pada tumbuh kembang anak. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa olahraga membantu anak mengembangkan kemampuan bekerjasama, rasa percaya diri, tidak mudah menyerah, karakter moral yang positif, kemampuan berteman, bersenang-senang, sportif dan sebagainya.

Kegiatan berolahraga tidak harus selalu membosankan. Kadang anak-anak malas berolahraga karena mereka membayangkan lelah dan beratnya olahraga yang akan dijalani. Sebagai orang tua, Anda bisa menyiasatinya dengan hal-hal berikut ini

Setiap Ahad, kita bisa mengajak anak lari pagi atau jalan-jalan pagi. Lakukan bersama-sama. Tidak perlu dipaksakan. Cukup nikmati setiap langkah dan kegiatan olahraga yang dijalani. Ada baiknya pula membuat jadwal olahraga bersama. Dengan membuat jadwal, kita bisa lebih mudah fokus untuk mencapai target olahraga setiap minggunya. Berlakukan jadwal tersebut untuk semua keluarga.

Agar mendapat hasil yang maksimal, olahraga yang rutin juga harus diimbangi dengan makanan yang sehat. Sebelum berolahraga, kita bisa siapkan dulu makanan yang akan dimakan setelah berolahraga. Buat tampilan makanan tersebut semenarik mungkin. Dengan kesepakatan baru boleh makan makanan tersebut setelah berolahraga, Anda bisa menyemangati anak Anda untuk berolahraga sampai selesai karena sudah ada iming-iming makanan sehat, enak, dan siap disantap usai berolahraga.

Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Jadi, buat kegiatan olahraga sambil bermain. Mudah saja, misalnya bermain bola di halaman rumah. Aktivitas fisik ketika bermain adalah bagian dari olahraga juga, bukan?||


*) Beta HanindityaApoteker RSKIA Sadewa Yogyakarta

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya