» » Jangan Asal Bicara

Jangan Asal Bicara

Penulis By on Sunday, June 1, 2014 | No comments

google.com
Oleh Jamil Azzaini

Apa perasaan Anda bila menghadiri suatu pertemuan dan yang pidato atau bicara di “panggung” atau di depan Anda membosankan? Tidak hanya itu, dia juga berbicara “ngalor-ngidul” tidak jelas alias “mbulet”. Sekali lagi, apa yang Anda rasakan ketika itu?
Sekarang coba Anda bayangkan, bagaimana jika yang bicara itu tadi ternyata Anda? Bagaimana perasaan Anda? Apa yang kira-kira dibicarakan orang lain tentang diri Anda ketika itu? Coba renungkan baik-baik, kira-kira bagaimana suasana hati Anda ketika itu?
Ketahuilah, semua orang yang naik kelas “wajib” bicara. Coba Anda perhatikan, adakah pimpinan hebat yang tidak pernah memberikan sambutan, arahan atau pidato di depan anggota timnya? Adakah orang yang terkenal dan populer yang tidak pernah memberikan sambutan di depan audience? Semua orang hebat ternyata “wajib” bicara.
Nah, apabila Anda ingin termasuk menjadi orang di atas rata-rata yang suatu saat menjadi pimpinan, leader atau owner bisnis, trainer milikilah kemampuan bicara di depan audience. Berlatihlah mulai sekarang agar bila kelak waktunya tiba Anda tidak nervous, shock, stress, gugup dan membuat wibawa Anda berkurang.
Sementara bagi Anda yang sudah terlanjur menjadi leader, manager, pimpinan, owner bisnis dan penggerak tim bersegeralah miliki kemampuan bicara sekarang juga. Dengan kemampuan ini, Anda akan lebih mudah menggerakkan dan memotivasi, memperkuat pengaruh dan meningkatkan kepercayaan anggota tim kepada Anda.
Salah satu bentuk penghormatan kita kepada orang lain adalah saat kita diberi kesempatan bicara di depan mereka, kita tidak asal bicara. Hormatilah mereka, bicaralah dengan menarik dan pesan yang jelas agar bicara Anda bukan sekedar basa-basi. Jadilah orang yang punya “nilai” bukan hanya sekadar pelengkap penderita. Angkat derajat Anda dengan cara bicara yang baik, menarik dan ada pesan yang jelas saat Anda diberi kesempatan bicara di depan mereka.
Sumber tulisan : www.jamilazzaini.com

*) Jamil Azzaini, Trainer Sukses Mulia. Twitter @jamilazzaini
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya