» » Makanan Cerdas : Buah Naga

Makanan Cerdas : Buah Naga

Penulis By on Monday, July 21, 2014 | No comments

www.google.com
Oleh Minarty Sastrina

Buah naga (hylocereus polyrhizus) adalah buah asli dari Amerika Tengah dan tumbuh di daerah dengan iklim tropis, subtropis, hingga daerah beriklim kering. Buah ini adalah antioksidan yang sangat baik sehingga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan kanker. Buah ini memiliki rasa agak hambar. Khasiat buah naga ini bagi tubuh yaitu untuk menetralkan racun, dan juga mengikat logam berat.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga membuat manfaat buah naga sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga membantu mengobati luka/memar. Kandungan vitamin B2 dan B1 dalam buah naga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan nafsu makan. Ditambah lagi, buah naga juga mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol. Buah naga juga memiliki manfaat untuk mengobati batuk dan asma hingga mengatasi tekanan darah tinggi.

Kandungan vitamin C, beta karoten, dan kalsium dalam jumlah yang cukup banyak serta karbohidrat yang ada di dalam buah naga berfungi menjaga dan menambah daya tahan tubuh agar tetap fit dan menjalani hari hari kita dengan lancar. Selain itu manfaat buah naga mempunyai serat yang sangat tinggi yang berguna untuk mengikat zat karsinogen penyebab terjadinya kanker dan melancarkan proses percernaan, zat-zat ini menetralkan racun dalam tubuh yang bisa berbahaya bagi tubuh bila terlalu banyak racun.

Buah naga tidak hanya mengandung vitamin, tetapi juga fosfor dan kalsium yang bisa membuat tulang menjadi kuat dan gigi menjadi lebih sehat. Dapat kita simpulkan, bahwa buah naga ini sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dan kadar gula darah.

*) Minarty Sastrina, S. Gz, Ahli Gizi



Baca Juga Artikel Terkait Lainnya