» » Makanan Cerdas : Daun Pandan

Makanan Cerdas : Daun Pandan

Penulis By on Tuesday, September 23, 2014 | No comments

google.com
Oleh Ana Noorina

Daun pandan merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai penyedap rasa pada berbagai macam makanan. Daun pandan yang memiliki nama ilmiah pandanus amaryllifolius roxb merupakan tumbuhan yang memiliki aroma yang kuat bahkan menjadi bahan pokok pembuatan vanilli. Daun pandan memiliki bau yang enak sehingga dapat menghadirkan nuansa tenang.

Daun pandan memilki kandungan zat tannin bahkan memiliki beragam kandungan yang dapat dugunakan sebagai pengobatan herbal. Daun pandan identik dengan sesuatu daun yang wangi, penjang dan berwarna hijau. Dapat diguankan sebagai hiasan makanan ataupun campuran makanan.

Beragam manfaat daun pandan adalah membantu megatasi membasmi ketombee yang ada dikpala dengan cara menumbuk daun ini hingga lembut lalu dicampur dengan air dan disaring dan pada akhirnya dioleskan pada kepala. Daun pandan dapat menghitamkan ketombe, dapat menurunkan hipertensi ataun tekanan darah tinggi. Daun pandan juga dapat dihunakan sebagai penennag bagi orang yang mengalami banyak masalah atau stress.

Daun pandan sering digunakan untuk membuat hongkue, agar-agar, dan kolak sehingga menciptakan cita rasa yang tinggi dan aroma yang tajam. Selain itu daun padan dapat mengatasi rematik serta pegal linu. Manfaat daun pandan dapat meningkatkan nafsu makan bagi orang yang mengalami susah makan atau juga bisa digunakan untuk menambah rasa manis. Daun pandan juga merupakan apotek hidup karena memiliki berbagai kandungan yang dapat mengobati beragam penyakit seperti mengatasi lemah syaraf, rematik, pegel lini, dan penuaan dini.

Daun pandan dapat meningkatkan stamina dalam tubuh sehingga tubuh akan nampak lebih segar dan bugar. Daun pandan ini sangat baik bagi kesehatan kearena dapart merangsang nafsu makan sehingga proses metabolisme dalam tubuh dapat berjaalan dengan lancar dan mengalir dengan baik. Bagi yang memiliki penyakit hipertensi atau darah tinggi sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun pandan ini dengan cara menambahkan pada masakan mereka araupun sebaggai campuran air pada saat akan mandi sehingga akan menimbulkan ketenangan dalam hati karena mencium aroma daun pandan yang lembut dan menenangkan jiwa.

*) Ana Noorina, Pemerhati gizi


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya