» » Berlibur Bersama Anak

Berlibur Bersama Anak

Penulis By on Saturday, November 22, 2014 | No comments

Oleh Mahmud Thorif

Berlibur memang asik, apalagi jika dilakukan bersama anggota keluarga tercinta. Ada banyak cerita dan tentu makna di sana. Ada banyak hal yang bisa didapatkan, bisa saling memahami sesame anggota keluarga, bisa saling bertukar pikiran, dan tentu saja bisa menghibur diri dan keluarga dalam kebersamaan.

Menentukan libur bersama memang diperlukan, misalnya sepekan sekali, sepekan dua kali, atau sebulan sekali. Karena jika lama berkutat dengan pekerjaan, saat bisa menikmati liburan alangkah nikmatnya.

Naah setelah bisa menentukan waktu libur bersama, tentukan juga tujuan liburan. Tentulah banyak pilihan, mulai dari liburan yang edukatif, liburan yang rekreatif, atau yang memadukan keduanya liburan yang edukatif dan rekreatif. Liburan edukatif misalnya mengajak anak-anak berlibur ke perpustakaan, ke pasar, atau tempat outbond, dan banyak lainnya. Atau tempat-tempat yang sederhana, misalnya memancing di sungai atau di pemancingan lalu selepas itu makan bersama. Sedangkan liburan yang rekreatif tentu banyak pilihannya.

Kalau anak-anak diajak berlibur, tentu mereka akan gembira. Naah disaat gembira itulah orangtua bisa memberikan nilai-nilai tentang norma-norma agama kepada mereka, tentulah anak-anak itu akan dengan mudah menerimanya disbanding saat mereka sedih, atau saat mereka marah, atau malah kita sebagai orangtua memberinya saat marah. Berikan secukupnya, jangan berlebihan, karena jika berlebihan anak juga akan bosan.

Selamat menyiapkan liburan Anda bersama keluarga tercinta.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya