» » Nabi Tak Bikin Candi

Nabi Tak Bikin Candi

Penulis By on Friday, November 7, 2014 | No comments

google


Oleh Mohammad Fauzil Adhim

Bencana besar ketika ayat diutak-atik tanpa ilmu. Bukannya dalil yang didapat, tapi dalih yang menjauhkan manusia dari hidayah. Sesungguhnya sikap kita terhadap nash, baik dari Al-Qur'an maupun As-Sunnah Ash-Shahihah adalah mengetahui dan memahami maksud dari nash, lalu menundukkan diri terhadapnya. Jika apa yang kita pelajari dari ilmu pengetahuan bertentangan dari pemahaman salafush shalih, maka yang harus kita pegangi adalah bahwa sebaik-baik perkataan itu kalamuLlah (Al-Qur'anul Kariim) dan sebaik-baik petunjuk ialah petunjuk Rasulullah Muhammad shallaLlahu 'alahi wa sallam. Maka segala yang menyelisihi, pastilah rusak dan bathil.

Sangat keji mereka yang menganggap nabi Sulaiman menegakkan patung-patung. Bukankah sejak sebelum Nabi Sulaiman 'alaihissalaam pun patung dirobohkan? Maka bagaimana mungkin seorang nabi membiarkan dan meridhai berdirinya patung-patung makhluk hidup di tempat yang dipergunakan untuk melakukan penyembahan?

Tugas rasul adalah menegakkan tauhid dan menghapus pemberhalaan. Itulah tugas pokok tiap rasul sejak Nabi Nuh 'alaihis salaam. Maka, tak mungkin rasul bikin relief berhala, memintakan kepada orang lain (apalagi makhluk dari golongan jin) untuk membuatkannya atau meridhai pembuatan hal semacam itu.

Berhati-hatilah terhadap perusak agama. Hanya ada dua penghancur agama, tetapi jika tak berhati-hati, kita dapat tergelincir di dalamnya. Dua perusak itu adalah fitnah syahwat dan fitnah syubhat. Yang paling mengerikan, syubhat karena syahwat untuk raih "jah" (wah, prestige) dan "ghanimah" (harta berlimpah).

Apakah syubhat itu? Segala sesuatu yang menyelisihi atau nyata bertentangan dengan ajaran Islam, tetapi disematkan seakan itu Islam. Atau pemahaman yang rusak tetapi karena terkesan ilmiah, lalu kita mengambilnya untuk memperoleh manfaat, seakan agama ini tak sempurna.

Wallahu a'lam bish-shawab.

twitter @kupinang
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya