» » Sudah Tepatkah HP dan Internet?

Sudah Tepatkah HP dan Internet?

Penulis By on Monday, June 1, 2015 | No comments


Oleh : Septiyati Purwandari, S.Pd.

Dahsyatnya kemajuan teknologi saat ini memiliki dampak yang bermacam-macam, salah satuya adalah perilaku sosial. Mudahnya berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak, bahkan dengan waktu yang singkat memiliki banyak teman dengan lokasi yang berbeda. Akses informasi yang dapat ditembus tanpa batas. Kemajuan teknologi terkini yang sangat familiar salah satunnya adalah telepon genggam (Hand Phone) dan internet. Dengan internet semua orang bisa mendapatkan informasi di segala penjuru dunia. Mulai dari hal yang baik dengan impelemen HP, semua orang dengan waktu yang singkat dapat memperlancar komunikasi dan mempermudah segala urusan kehidupan.

Dalam hal bersosialisasi kedua alat teknologi canggih ini menjadi pilihan utama. Sehingga kemajuan teknologi saat ini menghasilkan generasi yang multikultural. Teknologi informasi multiguna salah satunya adalah HP. HP saat ini dapat diakses dengan fasilitas yang wah dan harga yang terjangkau.

Anak- anak usia SD terkadang kita anggap sebagai anak yang sudah dewasa dan sudah tepat jika diberikan fasilitas HP. Untuk itu sebagai orangtua sebaiknya kita mencari strategi bagaimana harus “ memahami” kondisi ini dengan bijaksana. Tentu kita semua tahu bahwa HP adalah alat yang sangat penting bahkan tidak dapat dipisahkan. Misalnya kita tidak bisa menjemput anak sekolah, karena mendesak dan lain sebagainya. Dengan HP kita bisa memberikan informasi kabar ini, supaya anak kita tenang. Dapat disimpulkan bahwa kita memang sangat membutuhkan HP karena akan memperlancar urusan kita. Hanya saja bagaimana kita mensiasati kepada anak supaya HP memang bisa dipergunakan dengan baik?

Fasiltas HP dan Internet
Karena memang HP sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang, maka tidak jarang orangtua membekali anak-anaknya dengan fasilitas HP dan tidak sedikit pula, karena pekerjaan yang memang memerlukan teknologi tinggi, di rumah sudah terpasang dengan jaringan internet.

Memang menjadi sangat efektif ketika orangtua bisa sesegera mungkin memberi berita kalau terlambat menjemput atau lainnya dengan alat komunikasi HP ini. Yang menjadi pertanyaan, apa sudah tepat anak usia SD diberi amanah HP? Lalu apakah dampak positif tidak terlalu besar dari dampak negatifnya?

Tidak jarang ditemui anak-anak menjadi susah diatur karena mereka salah bergaul, fasilitas HP ini sangat besar memberi peluang bagi anak untuk bergaul lebih luas. Apalagi kalau HP jaman sekarang sudah dilengkapi dengan bermacam fitur yang bisa melenakan anak. Maka seyogyanya fasilitas HP ini belum diberikan kepada anak usia sekolah. Kalaulah kita ingin memberi informasi dengan cepat, kan masih ada guru-guru yang mendidik anak kita. Kita bisa meminta tolong kepada guru atau wali kelas anak kita tentang keadaan kita melalui guru.

Tidak kalah hati-hati adalah fasilitas internet di rumah. Tapi karena memang barang tersebut sudah harus ada di rumah, maka tidak heran jika internet ini sudah hampir merata di setiap rumah-rumah kita. Pengawasan yang ketat biasanya dilakukan orangtua untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai dari menempatkan komputer di ruang keluarga, menginstall program-program yang mendukung internet tidak disalahgunakan.

Tapi, tidak selamanya orangtua bisa terus memantau perkembangan anak. Sehingga masih sangat berpeluang besar bagi anak-anak kita menggunakan internet dengan tidak tepat. Nah, oleh sebab itu sebagai orangtua kita perlu memikirkan ulang, apakah HP dan internet sudah layak untuk anak-anak kita di usia sekolah? Jika belum, maka tegakan kita untuk tidak memanjakan mereka dengan fasilitas itu, tunda kesenangan tersebut sampai anak-anak kita memahami dengan sempurna.

Septiyati Purwandari, S.Pd. Ketua Lembaga Pendidikan rumahKu tumbuh, Mlati Sleman Yogyakarta
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya