» » Anak Sehat : Kebutuhan Vitamin A pada Anak

Anak Sehat : Kebutuhan Vitamin A pada Anak

Penulis By on Sunday, October 25, 2015 | No comments


Oleh : Arhie Lestari

Vitamin A terutama memainkan peran penting untuk kesehatan penglihatan, pertumbuhan tulang, serta membantu untuk melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin A juga berguna untuk mempromosikan kesehatan dan pertumbuhan sel dan jaringan tubuh, terutama pada jaringan rambut, kuku , dan kulit.

Anak usia 1 sampai 3 tahun membutuhkan vitamin A sekitar 1.000 IU, atau 300 mikrogram (mcg) per hari. Sedangkan untuk usia 4 tahun hingga 1.320 IU ( 400 mcg ) per hari.

Vitamin A berfungsi antara lain menjaga kelembaban dan kejernihan selaput lendir, memungkinkan mata dapat melihat dengan baik dalam keadaan kurang cahaya (sore atau senja hari), serta pada ibu nifas akan meningkatkan mutu vitamin A dalam ASI, sehingga bayi akan mendapatkan vitamin A yang cukup dari ASI.

Vitamin A dapat diperoleh pada minyak hati ikan, kuning telur, mentega, krim dan margarin yang telah diperkaya dengan vitamin A. Sedangkan provitamin A dapat diperoleh dari sayur-sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan berwarna kuning atau merah serta minyak kelapa.

Akibat dari kekurangan vitamin A ini bermacam-macam antara lain terhambatnya pertumbuhan, gangguan pada kemampuan mata dalam menerima cahaya, kelainan-kelainan pada mata seperti xerosis dan xerophthalmia, serta meningkatnya kemungkinan menderita penyakit infeksi. Bahkan pada anak yang mengalami kekurangan vitamin A berat angka kematian meningkat sampai 50%.

Kekurangan vitamin A terjadi terutama karena kurangnya asupan vitamin A yang diperoleh dari makanan sehari-hari. Pada anak yang mengalami kekurangan energi dan protein, kekurangan vitamin A terjadi selain karena kurangnya asupan vitamin A itu sendiri juga karena penyimpanan dan transpor vitamin A pada tubuh yang terganggu. Insya Allah, pada edisi selanjutnya, kita akan membahas tentang bagaimana tanda-tanda dan cara pencegahan dan penanganan akibat kekurangan vitamin A.

Arhie Lestari, Pemerhati dunia anak

Admin : @emthorif
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya