» » Makanan Cerdas : Hati Ayam

Makanan Cerdas : Hati Ayam

Penulis By on Sunday, October 18, 2015 | No comments




Oleh : Ana Noorina

Hati ayam sudah lama dikenal sebagai makanan yang tinggi mengandung berbagai nutrisi penting, bahkan seringkali ahli kesehatan menyarankan untuk menjadikannya sebagai bagian dari diet sehat anak anak.Tingginya protein, berbagai mineral (fosfor dan zat besi), lemak, dan vitamin (B12, A, C, Niacin), jelas sangat dibutuhkan terutama bagi pertumbuhan anak.

Hati ayam memiliki kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi namun sangat tinggi kolesterol. Meski demikian, hati ayam masih merupakan makanan yang sehat, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Namun bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu harus menghindari mengkonsumsi hati ayam.

Hati ayam mengandung vitamin A yang tinggi. Hanya satu porsi hati ayam dimasak menyediakan 280 persen dari nilai total Angka Kecukupan Gizi(AKG) harian Anda dengan jumlah 12.228 UI. Vitamin B -1218 mg – 280 persen AKG;  folat 476 mg 160 persen AKG; riboflavin 2 miligram 90 persen AKG; vitamin B-6 0,7 miligram 25 persen AKG; vitamin C 2,3 miligram 20 persen AKG; niacin,11,8 miligram 20 persen AKG; dan  tiamin 25 miligram 10 persen AKG. Vitamin A sangat penting untuk menjaga fungsi normal organ tubuh, penglihatan, fungsi kekebalan tubuh, pembentukan dan reproduksi sel. Sementara vitamin B-12 yang hanya tersedia dari makanan hewani, diperlukan untuk fungsi otak yang tepat dan untuk pembentukan sel darah merah dan DNA.

Asam pantotenat yang ditemukan dalam makanan padat nutrisi ini juga mendukung optimalisasi fungsi kelenjar adrenal, yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan melepaskan berbagai hormon, termasuk untuk optimalisasi kesehatan reproduksi. Meningkatkan efektivitas kelenjar adrenal juga bisa membantu mengatasi stres lebih mudah. Beberapa studi menunjukkan bahwa hati ayam bisa membantu untuk meningkatkan testosteron, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh bagi para pekerja berat, atlet atau binaragawan.

Meskipun hati ayam sangat tinggi gizi, namun beberapa orang harus menghindarinya. Orang dengan kolesterol tinggi, dengan masalah ginjal, atau wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Kadar fosfor yang tinggi tidak baik bagi diet penyakit ginjal, karena bisa menyebabkan kalsium dilepaskan dari tulang, dan kandungan vitamin A yang terlalu tinggi bagi wanita hamil berpotensi menyebabkan bayi dengan cacat lahir. Orang sehat aman mengkonsumsi hati ayam dengan porsi kecil, terutama jika membatasi jumlah makanan yang mengandung kolesterol yang dikonsumsi pada hari yang sama.

Ana Noorina, Pemerhati gizi anak
Admin : @emthorif
Foto : google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya