» » Kajian Utama : Pentingnya Memahami Soal dalam Ujian

Kajian Utama : Pentingnya Memahami Soal dalam Ujian

Penulis By on Saturday, November 14, 2015 | No comments


Oleh : Drs. Slamet Waltoyo

Ulangan dalam bentuk tes adalah salah satu cara pengambilan nilai dari proses dan hasil belajar anak. Nilai ulangan memberi gambaran kualitas belajar anak. Ulangan yang dilakukan sekolah adalah Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, Ulangan Kenaikan Kelas, dan Ujian Nasional.

Guru, anak, maupun orangtua pasti mengendaki semua ulangan tadi nilainya harus. Guru dan murid terlibat langsung dalam perolehan nilai ulangan. Agar anak memperoleh nilai yang baik Guru berusaha mengajar dengan baik dan menyusun soal yang baik. Soal yang benar-benar mampu mengambil gambaran kemampuan anak yang sebenarnya. Untuk memperoleh nilai yang baik anak harus berusaha belajar dengan baik dan mengulang pelajarannya kembali di rumah.
Orangtua, meskipun tidak terlibat langsung dalam perolehan nilai ulangan tetapi pasti punya keinginan yang kuat agar anaknya memperoleh nilai yang terbaik. Maka orangtua harus mengambil peran.

Nilai ulangan tidak ditentukan sehari dua hari menjelang ulangan. Nilai ulangan tidak hanya menggambarkan hasil belajar, melaiknkan juga proses belajar. Maka untuk mendapatkan nilai yang baik, anak harus mengikuti proses belajar dengan baik. Artinya, selama belajar anak harus dapat mendengar dengan baik, melihat dengan baik, membaca dengan baik, menulis dengan baik dan melakukan dengan baik.

Peran apa yang bisa diambil orangtua? Memastikan. Memastikan anak belajar dengan baik ketika di sekolah. Menanyakan, apa yang tadi dipelajari bersama guru. Buku mana yang menjadi acuan atau sumber belajar. Kegiatan apa yang tadi dilakukan. Juga dengan mengamati buku catatan anak.

Umumnya anak paling malas kalau harus mengulang pelajaran yang tadi diajarkan. Apalagi kalau dalam kegiatan belajar tadi tidak ada kegairahan. Padahal mengulang pelajaran di rumah  adalah bagian yang amat penting dalam proses belajar. Mengulang pelajaran di rumah berarti anak melakukan penataan, konfirmasi, dan mengikat apa yang telah didapat. Sehingga mampu memasukkan hasil belajar dalam memori jangka panjang.

Peran inilah yang sebenarnya dilakukan oleh orangtua tadi. Tetapi yang harus diingat oleh orangtua adalah menjaga suasana hati anak. Tidak mudah mengambil peran ini. Karena anak kebanyakan tidak seua melakukan itu. Pahami betul kondisi anak dan menanyakan hal-hal di atas dengan bijak. Tidak seperti menginterograsi. Setiap hari selalu punya cara memberi motivasi. Tidak membosankan dan tidak menambah beban.

Amati dan teliti buku catatan anak. Itulah gambaran memori yang ada di otak anak. Jika catatannya rapi dan terstruktur, Anda bisa lega. Jika catatannya morat-marit, orangtua harus membantu menata di dalam memorinya.

Hal lain yang perlu diperhatikan orangtua adalah ketika anak menghadapi pertanyaan atau soal ulangan. Tidak sedikit anak yang hasil ulangannya di bawah kemampuannya karena ia tidak memahami soal. Beberapa penyebab yang mungkin terjadi antara lain;

Pertama, anak memang mengalami kesulitan dalam memahami kalimat. Baik ketika dibacakan (dikte) maupun ketika membacanya. Terutama jika pertanyaannya menggunakan kalimat majemuk. Tidak sedikit anak yang kesulitan memahami soal cerita. Ditambah lagi dalam suasana ulangan yang menegangkan.

Kedua, anak kurang jeli dalam menebak arah jawaban yang dimaksud. Anak sudah memahami kalimat pertanyaannya tetapi kurang tepat dalam menebak jawaban yang diminta. Ini akan menghambat kecepatan dalam mengerjakan soal.

Ketiga, bentuk soal atau pertanyaan yang sulit dipahami anak. Mungkin bentuknya mungkin juga susunan kalimatnya.

Maka sebaiknya orangtua menambah porsi pendampingannya ketika anak menghadapi masa ulangan. Yaitu dengan memperbanyak latihan memecahkan atau menjawab pertanyaan. Gunakan contoh-contoh pertanyaan yang biasanya digunakan oleh guru. Dengan banyak latihan menjawab pertanyaan akan mengatasi kesulitan-kesulitan dalam memahami pertanyaan.

*) Drs. Slamet Waltoyo, Guru MI Al-Kautsar Sleman DIY

Admin @emthorif
Foto : http://www.skanaa.com/assets/images/news/20150516/555719d5a81bb7107b8b4568.jpg
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya