» » Salam Redaksi : Ujian Sekolah, Dampingi Anak Layaknya Sahabat

Salam Redaksi : Ujian Sekolah, Dampingi Anak Layaknya Sahabat

Penulis By on Saturday, November 14, 2015 | No comments


Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh

Mendampingi anak saat hendak menghadapi ujian sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ketika kita mendampinginya saat belajar sehari-hari. Hal yang penting bagi anak-anak kita, terutama bagi anak yang baru pertama kali menghadapi ujian adalah pada usaha kita untuk membiasakan anak dengan berbagai instruksi yang biasanya ada pada soal-soal ujian. Selain itu, biasakan anak pada sikap yang harus ditampilkan anak saat ujian berlangsung.

Orangtua adalah sahabat yang terbaik bagi anak karena orangtualah yang paling tulus menginginkan sesuatu yang terbaik bagi anaknya. Sebagai sahabat terbaik seharusnya  orangtua selalu mengarahkan anak pada cara-cara yang baik dan mulia dalam menghadapi ujian, dan menghindari cara-cara hina atau tercela. Sahabat yang baik selalu memberi pengaruh baik, bukan sebaliknya. Dengan pendekatan layaknya sahabat, orangtua harus menanamkan pada anak tentang nilai-nilai kemuliaan yang harus dijaga dalam berjuang menuju sukses, khususnya menghadapi ujian.

Anak yang merasa didampingi orangtua sebagai sahabat akan membuat mentalnya lebih kuat menghadapi ujian. Anak akan merasakan dukungan yang maksimal, tidak merasa berat menanggung beban, sehingga bisa berpikir dengan segar dan jernih.

Menyongsong ujian semester yang akan berlangsung tidak lama lagi, Majalah Fahma edisi November akan membahas tema membersamai anak dalam menghadapi ujian sekolah. 

Selamat menyimak.

Simak Tulisan PERTAMA
Simak Tulisan KEDUA
Simak Tulisan KETIGA

Wasalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh


Redaksi

Admin @emthorif
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya