» » Sapa Redaksi : Bukan Sekedar Liburan

Sapa Redaksi : Bukan Sekedar Liburan

Penulis By on Sunday, November 29, 2015 | No comments

 
Murid TK Tawakal Plembuaran

Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya setiap amalan perbuatan mengandung niat dan setiap orang dinilai dengan niatnya. Barang siapa yang berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya dinilai mengikut niatnya menuju kepada Allah dan Rasul-Nya (bernilai ibadah). Barang siapa yang berhijrah untuk mendapatkan dunia atau wanita untuk dikawininya, maka hijrahnya dinilai mengikut tujuan hijrah itu (tidak bernilai ibadah).” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Hadits tersebut mengungkapkan, pada hakikatnya apa saja yang kita lakukan akan bisa bernilai ibadah. Terdapat dua syarat agar hal tersebut terwujud. Pertama, perbuatan yang dilakukan adalah perbuatan yang baik, tidak melanggar aturan Allah dan rasul-Nya, tidak melanggar hukum yang berlaku, dan tidak menyakiti/merugikan orang lain. Kedua, perbuatan tersebut harus mengandung niat untuk beribadah kepada Allah.

Manusia adalah mahluk ciptaan Allah yang dinamis. Tidak ada sejengkal tanahpun yang tidak ingin dijelajahi oleh manusia. Semua daerah jika memungkinkan ingin dijangkau oleh manusia. Suksesnya perjalanan ruang angkasa ke bulan sebagai tanda kegigih manusia untuk merealisasikan harapannya menjelajahi bumi Allah.

Dalam kacamata Islam bepergian atau rihlah sangat dianjurkan, terutama rihlah yang mengandung ibadah. Dalam kehidupan manusia di dunia, Islam selalu menyerukan agar manusia dalam bepergian dan bergerak menghasilkan kebaikan dunia dan akhirat. Dari maksud tersebut, manusia akan mendapatkan nilai plus pada rihlah. Jadi bukan hanya kesenangan saja yang didapat dari rihlah itu tetapi pahala atau ganjaran dari Allah juga akan diraih. Semua kegiatan di atas tersebut bernilai ibadah jika tujuan berpergian dalam rangka mencari ridho Allah semata.Berikut adalah alternatif cara agar Liburan anak-anak dan orangtua selain untuk bersenang-senang, juga mendapatkan nilai plus dari Rihlah itu yaitu nilai ibadah.

Di waktu yang hampir memasuki masa liburan sekolah ini, memperbaharui niat aktivitas dengan niat ibadah. Hal ini dilakukan agar liburan yang akan kita lakukan bersama anak bukan hanya sekedar liburan, namun juga menjadi ibadah dan akan diterima oleh Allah Ta’ala. Insya Allah

Wassalaamu ‘alaikumk wa rohmatullahi wa barokaatuh


Redaksi
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya