» » Anak Sehat : Kenali Gejala Awal Asma

Anak Sehat : Kenali Gejala Awal Asma

Penulis By on Wednesday, February 3, 2016 | No comments


Oleh : Arhie Lestari

Asma adalah penyakit parukronik (jangka panjang) yang disebabkan penyempitan dan peradangan saluran pernafasan.  Asma menyerang segala jenis usia, namun seringkali bermula pada saat anak-anak. Pada anak-anak gelaja yang pertama dirasakan adalah batuk berulang.
Kebanyakan orangtua mengira batuk yang dirasakan anak adalah
batuk biasa atau malah lebih parah lagi,yaitu TBC. Padahal bisa jadi ini adalah gejala awal dari penyakit asma.

Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah batuk sering lebih buruk pada  malam hari sehingga anak sulit tidur, mengi atau suara melengking  yang  terjadi ketika anak bernapas,  dada sesak (anak merasa seperti ada sesuatu  yang  meremas atau duduk di dada), serta merasa seperti kehabisan napas.  

Pada anak penderita asma, sistem imun yang terlalu sensitif membuat saluran pernapasan mengalami pembengkakan dan peradangan saat terkena pemicu seperti asap atau alergen. Terkadang, gejala asma terjadi tanpa pemicu yang jelas. Ketika asma terjadi, otot saluran pernapasan mengerut, lapisan saluran pernapasan membengkak, dan lendir tebal memenuhi saluran bronchial, membuat gejala asma terjadi.

Pemicu asma yang berbeda pada setiap anak antara lain: infeksi virus, seperti pilek, alergen, seperti debu, bulu hewan, serbuk sari atau jamur, asap rokok atau polutan lingkungan lain serta perubahan udara atau udara dingin. Kondisi yang berhubungan dengan asma antara lain: hidung basah dan sesak yang kronis (rhinitis), peradangan sinus (sinusitis) dan rasa panas di dalam perut (gastroesophageal reflux disease)

Tidak jelas mengapa beberapa anak mengalami asma dan yang lain tidak, tapi ini mungkin merupakan kombinasi genetik (keturunan) dan faktor lingkungan. Anak dengan catatan keluarga memiliki asma memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami asma.

Bila gejala-gejala tersebut dialami anak, segera periksakan ke dokter agar ditangani lebih lanjut untuk tahap pengobatannya.

*) Arhie Lestari, Pemerhati dunia anak

Admin @emthorif
foto http://bidanku.com/images/kesehatan/penanganan-asma-pada-anak-yang-tepat-aman.jpg
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya