» » Makanan Cerdas : Daging Kambing

Makanan Cerdas : Daging Kambing

Penulis By on Thursday, February 18, 2016 | No comments


Oleh : Ana Noorina

Daging kambing adalah salah satu daging yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Namun, meski lezat, banyak orang yang menghindari makan daging jenis ini karena kekhawatiran terhadap kesehatan.  Meski begitu, mengutip Health Me Up, daging kambing sebenarnya punya banyak manfaat bagi kesehatan. Tentu saja jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan.

Dalam 100 gram daging kambing, kurang lebih hanya memiliki 1 gram kolesterol. Ini berarti daging kambing cukup baik untuk turut serta menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan diri dari risiko kolesterol. Daging kambing juga bisa meredakan peradangan dan mestabilkan ritme jantung serta menurunkan risiko atherosclerosis dan penyakit jantung koroner.

Kandungan Vitamin B di dalam daging kambing bisa membantu membakar lemak. Kondisi daging kambing yang mengandung jumlah protein tinggi tanpa lemak dan lemak jenuh rendah juga bisa membantu mengontrol berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Daging kambing bermanfaat bagi wanita hamil karena mencegah anemia selama kehamilan di kedua ibu dan bayi berkat kandungan zat besinya yang tinggi. Konsumsi daging kambing selama kehamilan meningkatkan kadar hemoglobin darah pada ibu dan suplai darah ke bayi. Selain itu, daging kambing mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, seperti cacat tabung saraf, jika dikonsumsi saat hamil.

Selain untuk menjaga syaraf dan fungsi utamanya untuk mengubah energi, Vitamin B12 dalam kambing ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Kandungan ini bisa membantu mengurangi stres dan depresi. Selain itu, kandungan omega-3 dan asam lemak dalam daging kambing bisa digunakan untuk pengobatan yang efektif untuk autisme.

Manfaat dari daging kambing yang tidak dapat kita pungkiri adalah sumber energi yang cukup besar untuk beraktivitas sehari-hari. Kandungan kalori, lemak dan protein akan menjaga tubuh tetap fit selama mengkonsumsi daging ini.Sehingga protein yang ditemukan dalam daging kambing bertindak sebagai agen kelaparan penekan dan menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga pengelolaan berat badan.

Daging kambing kaya kalsium yang membantu menguatkan tulang dan gigi. Kandungan fosfor sebesar 272 mg dalam 100 gram daging kambing memenuhi 27% kebutuhan harian terhadap fosfor yang merupakan salah satu dari zat yang dapat menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Daging kambing juga meningkatkan produksi sel-sel baru yang membantu menunda penuaan.

*) Ana Noorina, Pemerhati gizi

Admin @emthorif
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya