» » Makanan Cerdas : Sukun

Makanan Cerdas : Sukun

Penulis By on Friday, April 22, 2016 | No comments


Oleh: Ana Noorina

Sukun merupakan jenis tumbuhan yang hidup di wilayah Pasifik Selatan. Setiap satu musim buah sukun bisa menghasilkan kurang lebih hingga 200 buah pada satu pohon setiap tahunnya. Buah sukun biasanya berwarna hijau sebelum matang. Apabila buah sukun matang biasanya warna kulit nampak kekuningan, buah sukun juga tidak memiliki biji. Selain itu saat matang buah sukun mempunyai tekstur yang lembut serta memiliki aroma yang khas, warna daging nya pun krem kekuningan.

Sukun banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Oleh karena itu sukun biasanya digunakan oleh para atlet untuk terapi. Sukun juga kaya serat. Serat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan serat pada sukun sangat membantu untuk kesehatan pencernaan serta dapat mengurangi kadar kolesterol.

Kandungan lemak yang rendah pada sukun dapat digunakan sebagai terapi diet. Sukun memiliki kandungan protein yang rendah. Kelebihan protein dapat mengakibatkan stres serta gangguan pada ginjal. Karena itu, sukun sangat cocok digunakan sebagai diet harian anda. Kandungan kalium yang tinggi dalam sukun sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Sukun juga mengandung Omega 3. Omega 3 merupakan komponen penting  untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Selain itu, omega 3 juga berfungsi untuk menyeimbangkan kolesterol, memperkuat dan membangun tulang serta berguna untuk kesehatan kulit. Zat serat yang terkandung dalam sukun sangat baik untuk sistem pencernaan serta berguna untuk menghindari masalah pencernaan.

Zat anti-oksidan dalam sukun sangat berguna untuk menangkal radikal bebas, serta untuk menghancurkan bakteri serta virus. Selain itu sukun dapat mencegah resiko osteo arthritis, arthtiti arthtritis, penyakit jantung serta kanker. Karbohidrat yang terkandung pada sukun berguna untuk pembangkit energi dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalium yang terdapat pada sukun sangat baik untuk kesehatan jantung.

Penulis: Ana Noorina, Pemerhati gizi

Admin: @emthorif
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya