» » Sapa Redaksi : Pentingnya Ilmu dan Keterampilan Pengasuhan

Sapa Redaksi : Pentingnya Ilmu dan Keterampilan Pengasuhan

Penulis By on Wednesday, April 13, 2016 | No comments


Cover Maret 2016
Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh

Ahad, 28 Februari 2016 yang lalu, pengelola Majalah Fahma mendapat undangan untuk mengisi Parenting Class Wali Murid TK Bunayya, Berbah, Sleman. Pembicara dalam acara ini adalah Ustadz Bagus Priyosembodo, yang tak lain adalah Dewan Redaksi Majalah Fahma. Saat mengisi acara, Ustadz Bagus Priyosembodo menekankan pentingnya ilmu dan keterampilan pengasuhan. Sebab jika orangtua tidak menguasai hal ini, maka yang terjadi adalah ketidakmampuan orangtua dalam menangani anak, yang dapat berujung stres dalam pengasuhan.

Selang beberapa hari setelah Parenting Class, kru Fahma datang ke TK Bunayya mengantar Majalah Fahma edisi Maret. Ketika berjumpa kru Fahma, Kepala Sekolah TK Bunayya, yang akrab disapa Bu Eni, mengungkapkan kegembiraannya sebab sambutan wali murid sangat bagus. “Beberapa hari yang lalu, ada sekitar 20 wali murid yang menemui saya. Mereka menceritakan bahwa apa yang disampaikan Ustadz Bagus Priyosembodo memang riil terjadi dalam kehidupan mereka,” ujar Bu Eni.

Bu Eni juga mengungkapkan bahwa setelah Parenting Class tersebut, banyak wali murid yang mulai merubah metode mendidiknya. “Mereka sudah mulai sadar bahwa pendidikan anak, terutama pendidikan agama, adalah yang nomor satu. Sebab itulah aset dan bekal mereka di masa yang akan datang. Mau jadi apa anak-anak jika tidak memiliki bekal ilmu agama yang baik? Padahal banyak orangtua yang ringan ketika mengeluarkan uang untuk kredit motor, namun berpikir berkali-kali ketika hendak mengeluarkan uang untuk biaya sekolah anak,” tandas Bu Eni penuh semangat.

Pembaca yang dirahmati Allah,
Apa yang disampaikan Bu Eni ini tak bisa dipungkiri adalah realita yang terjadi di sekitar kita. Mungkin juga di sekitar kita. Mungkin kita merasa anak tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan hingga menjadi beban pikiran kita. Jika ini hal ini tak ditangani dengan baik, maka, seperti yang disampaikan Ustadz Bagus Priyosembodo, orangtua berpotensi mengalami stress pengasuhan. Karena itulah, penting bagi kita menguasai ilmu dan keterampilan pengasuhan. Insya Allah, pembahasan ini akan diulas lebih lengkap di Kajian Utama edisi April 2016. Selamat menikmati sajian kami.

Wassalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh

Redaksi
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya