» » Kurma

Kurma

Penulis By on Monday, June 27, 2016 | No comments


Oleh : Ana Noorina

Makanan yang paling menjadi favorit di bulan Ramadhan seperti ini adalah kurma. Banyak di antara umat muslim yang menjadikan kurma sebagai menu untuki berbuka puasa. Buah kurma sangat dianjurkan sebagai menu berbuka puasa karena kurma merupakan buah yang paling kaya akan kandungan glukosanya dan baiknya lagi kadar glukosanya alami.

Kurma mengandung sejumlah besar gula, berkisar antara 75–87%. Sekitar 55% gula dalam kurma berbentuk glukosa, sedangkan 45% lagi membentuk fruktosa. Selain itu, kurma mengandung sejumlah protein, lemak, dan beberapa vitamin, antara lain: vitamin A, B2, B12 dan vitamin C

Kurma juga mengandung beberapa mineral, terutama kalsium, fosfor, potassium, sulfat, sodium, magnesium, cobalt, zinc, florin, kuningan, manganese, serta sejumlah selulosa. Dengan sangat cepat, glukosa dalam kurma yang disantap saat berbuka akan berubah menjadi fructose, lalu langsung diserap melalui sistem pencernaan untuk menyirami dahaga tubuh akan energi. Khususnya jaringan-jaringan yang secara esensial bergantung pada pasokan tinggi energi, seperti: sel-sel otak, sel-sel saraf, sel-sel darah merah dan sel-sel tulang belakang.

Kandungan vitamin C di dalam kurma berkhasiat mengatasi berbagai gangguan seperti sariawan, gangguan pencernaan dan kesehatan kulit. Karena itulah, bagi anda yang menginginkan tubuh sehat, buah kurma merupakan pilihan yang sangat tepat.

Manfaat dan khasiat buah kurma yang berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Buah kurma mengandung mineral, selenium, mangan dan magnesium yang mampu menjaga kekuatan tulang kita. Tak hnvnb anya itu saja, kandungan tersebut juga membuat tulang kita terhindar dari resiko tulang keropos.

Manfaat dan khasiat buah kurma yang ketiga adalah sebagai obat anti alergi. Buah kurma mengandung sulfur organik yang mampu mengurangi reaksi alergi yang kerao kita alami. Karena itulah, buah kurma sangat cocok bagi anda yang memiliki alergi pada suatu makanan atay yang lainnya. Manfaat buah kurma yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan otak dan saraf. Buah kurma mengandung vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan konsentrasi otak kita. Anda hanya perlu rutin mengkonsumsinya setiap hari. Dengan begitu, anda dapat senantiasa menjaga kesehatan otak andal.


Penulis: Ana Noorina, Pemerhati gizi anak
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya