» » Cara Aman Mengkonsumsi Es Krim

Cara Aman Mengkonsumsi Es Krim

Penulis By on Thursday, August 11, 2016 | No comments




Oleh: Ana Noorina

Hampir semua anak menyukai es krim. Es krim merupakan salah satu produk olahan susu. Secara umum es krim dibuat dengan menggunakan bahan-bahan: air, susu bubuk skim (padatan susu non-lemak), lemak susu, gula, penstabil, pengemulsi, pemberi rasa (flavor) dan pewarna.

Rasanya yang manis dan bentuknya yang menarik membuat anak seakan ketagihan untuk mengkonsumsinya. Namun perlu diperhatikan bahwa kandungan energi es krim cukup tinggi. Energi ini berasal dari lemak dan gula. Hal ini menyebabkan anak merasa cukup kenyang. Akibatnya konsumsi makanan lain menjadi berkurang. Pada sisi lain, jika si anak tetap mengkonsumsi makanan lainnya, dia bisa kelebihan energi yang menyebabkan kegemukan. Hal lain yang perlu diperhatikan, es krim mengandung gula sekitar 15%, yang jika tidak disertai menggosok gigi secara teratur dapat menyebabkan karies gigi (gigi berlubang).

Kemungkinan bahan es krim yang berstatus tidak halal adalah pada penstabil, pengemulsi, perasa (flavor) dan pewarna.  Penstabil dapat berupa gelatin, agar-agar, karagenan, atau gum nabati. Gelatin banyak dihasilkan dari babi. Pengemulsi dapat berupa lesitin (biasanya dari kedelai) atau turunan asam lemak dan gliserol. Status kehalalan pengemulsi turunan asam lemak dan gliserol bergantung pada asalnya apakah dari hewan atau dari tumbuhan. Yang perlu mendapat perhatian adalah pengemulsi yang berasal dari hewan (jenis dan cara penyembelihannya). Status kehalalan untuk bahan perasa dan pewarna  bergantung pada asal bahan dan pelarut yang digunakan. Perlu diketahui bahwa beberapa jenis es krim mengandung bahan perasa berupa  bahan haram seperti rhum. Cara paling praktis dan aman jika membeli es krim adalah pilih yang  kemasannya terdapat nomor pendaftaran MD dan berlogo halal.

Akan lebih aman lagi jika kita dapat membuat es krim sendiri dengan menggunakan bahan-bahan: 200gr susu bubuk full cream, 150 gr gula pasir, 3 gr agar-agar, 1 butir kuning telur dan 700 ml air.  Cara membuatnya: Larutkan agar-agar dalam 200 ml air. Larutkan bahan-bahan lain dalam 500 ml air.  Rebus larutan agar-agar sampai jernih. Tuangkan larutan agar-agar yang sudah jernih ke dalam larutan bahan-bahan lain sehingga menjadi satu campuran (disebut campuran es krim). Rebus campuran es krim sampai hampir mendidih sambil diaduk. Angkat campuran es krim dari api, kemudian kocok dengan mixer. Dinginkan campuran es krim sambil diaduk. Setelah agak dingin, masukkan campuran es krim dalam lemari es (bukan freezer) sambil diaduk secara periodik. Setelah dingin, masukkan campuran es krim dalam freezer, aduk secara periodik sebelum membeku atau memadat.

Penulis: Ana Noorina, Pemerhati dunia anak
Foto: google

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya