» » Buku Abdullah Hadramani : Mata Inspirasi

Buku Abdullah Hadramani : Mata Inspirasi

Penulis By on Sunday, November 27, 2016 | No comments




Oleh : Dwi Lestari W

Tujuan pendidikan anak dalam Islam adalah untuk mencari keridhoan Allah dan usaha untuk mendapatkan surga-Nya, keselamatan dari neraka serta mendapatkan pahala dan balasan-Nya. Para orangtua yang mendidik anaknya dengan pendidikan Islam yang benar akan mendapatkan keuntungan yang tidak ternilai harganya, yaitu mendapatkan derajat yang tinggi dan pahala yang terus mengalir setelah kematiannya.

Anak adalah nikmat sekaligus amanat. Menyia-nyiakan anak bisa berakibat penyesalan abadi. Lalai dalam mendidik anak bisa menyebabkan orangtua terhalang masuk surga. Rasulullah Sahalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Tidaklah seorang hamba diberi tanggung jawab kepemimpinan oleh Allah kemudian pada saat ia meninggal, ia curang terhadap yang dipimpinnya, melainkan Allah mengharamkan baginya surga.” (HR Bukhori dan Muslim).

Amat banyak orangtua yang menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang sholih dan robbani. Akan tetapi, banyak di antara mereka yang lalai menerapkan pola pendidikan Islami. Salah satunya adalah keteladanan orangtua. Seorang anak memiliki kecenderungan untuk meniru perilaku orangtuanya, baik perilaku baik ataupun buruk. Sehingga wajar sekali jika seorang anak menjadi tidak baik karena orangtuanya selalu memberi contoh yang tidak baik kepadanya, demikian pula sebaliknya.

Kebaikan orangtua merupakan kebaikan bagi anak, dan ketakwaan orangtua akan menjadikan anak terjaga serta senantiasa mendapatkan rizki setelah kematian orangtuanya. Insya Allah. Allah berfirman, “Dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedangkan ayahnya adalah seorang yang sholih,” (QS Al Kahfi 82).

Syaikh Abdul Rahman bin Nasir as Sa’diy mengatakan tentang tafsir ayat tersebut, “Bahwasanya seorang hamba yang sholih pasti dijaga dirinya oleh Allah, demikian pula keturunannya.”

Tulisan di atas adalah salah satu cuplikan buku berjudul Mata Air Inspirasi, karya Abdullah Hadrami, yang diterbitkan oleh Pro U Media. Di salah satu bagian tulisan lain, Abdullah Hadrami mengingatkan orangtua tentang pentingnya pendidikan shalat dalam Islam.

Allah berfirman,”Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rizki kepadamu. Kamilah yang memberi rizki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu bagi orang yang bertakwa.” (QS Thoha 132)

Menurut Abdullah Hadrami, kandungan ayat ini antara lain mewajibkan kepala rumah tangga untuk memerintahkan kepada keluarganya agar mendirikan shalat. Ayat ini juga merupakan dalil wajibnya orangtua mengajarkan ilmu shalat pada anak. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perintahkanlah anak-anakmu untuk mengerjakan shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka apabila tidak mau mengerjakannya ketika mereka sudah berusia 10 tahun,” (HR Ahmad, Abu Dawud dengan sanad sahih)

Ayat ini juga menegaskan bahwa shalat adalah ibadah yang mencakup segala bentuk ibadah. Shalat juga merupakan parameter baik dan buruknya seseorang. Allah berfirman, ”Sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar.” (QS Al Ankabut 45)

Apabila seseorang telah mendirikan shalat dengan benar sesuai yang telah dicontohkan Rasulullah, maka pasti dia termasuk orang yang disiplin dan taat dalam segala hal. Apabila seseorang telah menyia-nyiakan shalat, maka pasti dia termasuk orang yang menyia-nyiakan segala hal.

Orangtua harus bersabar dalam mendidik anaknya terutama dalam pendidikan shalat, mengingat betapa pentingnya masalah shalat ini. Apabila kita sekeluarga telah mendiirkan shalat dengan baik dan benar, pasti Allah akan memberikan rizki kepada kita dari arah yang tidak kita sangka. Allah berfirman,”Barangsiapa yang bertakwa pada Allah, pasti Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangkanya,” (QS Ath Thalaq 2-3).

Masih banyak inspirasi-inspirasi lain yang dapat kita reguk dari mata air ini, baik dalam hal kependidikan anak, rumah tangga, keutamaan ilmu, jalan keselamatan dan sebagainya.

Judul Buku           : Mata Air Inspirasi
Penulis                 : Abdullah Hadrami
Penerbit               : Pro U Media
Tebal                    : 208 halaman

Penulis: Dwi Lestari W, Staf BPH LPIT Insan Mulia, Bambanglipuro, Bantul
Foto : google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya