» » Tidur Siang, Jangan Disepelekan!

Tidur Siang, Jangan Disepelekan!

Penulis By on Sunday, November 20, 2016 | No comments




Oleh: Arhie Lestari

Seperti halnya orang dewasa, jam tidur yang cukup sangat diperlukan oleh balita ayah bunda. Beberapa hasil penelitian menunjukan jika si kecil kurang tidur, maka dapat mempengaruhi kesehatan, berat badan, dan bahkan mood mereka. Pastikan si kecil mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya. Meski nampak tidak ngantuk, jika sudah waktunya tidur, kondisikan mereka untuk segera menuju kamar tidur.

Balita membutuhkan 12-14 jam dalam sehari semalam untuk tidur. Jika si kecil tidur 10-12 jam di waktu malam, upayakan agar mereka tidur siang selama 2 jam. Seiring dengan pertambahan usia, jam tidur siang biasanya akan berkurang atau bahkan mereka tidak tidur siang lagi.

Meski terkesan sepele, namun sebetulnya tidur siang menyimpan banyak manfaat bagi anak. Pertama, menjaga kesehatan. Waktu tidur diperlukan tubuh si kecil untuk mengembalikan tenaga yang digunakan mereka selama beraktivitas saan terbangun. Kebutuhan energi mereka sangat besar karena masa pertumbuhan dan keaktifan mereka. Tidur adalah waktu yang tepat bagi tubuh si kecil untuk beristirahat serta mengembalikan tenaga dan kesegaran mereka.

Kedua, mengurangi sakit. Jika si kecil sedang mengalami sakit, termasuk sakit gigi atau karena keseleo, mendapatkan waktu tidur yang cukup dipercaya dapat mengurangi intensitas sakit yang dialami mereka. Sayangnya jika si kecil sedang mengalami sakit, mereka lebih cenderung rewel dan susah tidur.

Ketiga, menjaga suasana hati. Anak yang mengalami kurang tidur cenderung lebih rewel, mudah cemas, dan kurang tertarik dengan sekelilingnya. Selain menimbulkan kelelahan, kurang tidur pada si kecil, juga dapat meyebabkan suasana hati yang kurang nyaman.

Keempat, merangsang pertumbuhan. Sebuah penelitian yang dilakukan Medical School Harvard University menunjukan bahwa anak balita yang cukup tidur cenderung memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih optimal dibanding yang kurang waktu tidurnya.

Kelima, meningkatkan kemampuan memproses informasi. Menurut sebuah penelitian yang dikakukan di University of Arizona, anak balita yang cukup tidur mempunyai kemampuan lebih tinggi dalam hal  memproses informasi dan mengaplikasikan pengetahuanya. Saat mereka cukup tidur maka tubuh menjadi lebih fit, serta mampu memproses informasi yang diterima secara optimal.

Penulis: Arhie Lestari, Pemerhati dunia anak
Foto: google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya