» » Ikan Kakap

Ikan Kakap

Penulis By on Wednesday, December 14, 2016 | No comments




Oleh: Ana Noorina

Ikan kakap adalah ikan laut dasaran yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang. Mempunya ciri tubuh yang bulat pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung. Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia adalah jenis Kakap merah (L. campechanus) beberapa jenis yang lain yang juga banyak di temui adalah Kakap kuning, Kakap hitam dan lain-lain

Seekor ikan kakap merah dengan berat 100-gram mengandung hampir 70 persen dari jumlah kandungan selenium.Selenium dapat mendukung fungsi sel darah putih dan diperlukan untuk kelenjar tiroid agar dapat berfungsi dengan benar. Selenium merupakan antioksidan yang dapat mencegah senyawa radikal bebas menyebabkan kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit jantung. Kekuatan antioksidan selenium ini ditingkatkan ketika dikombinasikan dengan sumber vitamin E. Sajikan ikan kaya selenium seperti kakap merah dengan makanan tinggi vitamin E seperti asparagus, kentang manis atau gelap, sayuran hijau seperti bayam, bit hijau atau kale.

Setiap 3 ons sajian ikan kakap merah yang dimasak memberikan 14 persen vitamin A dari kebutuhan yang direkomendasikan untuk wanita dewasa dan 10,8 persen bagi seorang pria. Vitamin A penting untuk sistem kekebalan tubuh, juga untuk produksi dan pemeliharaan tulang dan kesehatan kulit dan mata, vitamin A juga berperan dalam sel reproduksi dan diferensiasi. Mengkonsumsi Vitamin A dalam jumlah yang cukup setiap hari bisa menurunkan risiko terkena gangguan mata seperti katarak atau degenerasi makula terkait usia. Vitamin A adalah nutrisi yang larut dalam lemak dan membutuhkan sumber lemak makanan untuk diserap oleh usus.

Ikan kakap merah mengandung 444 miligram, atau 9,4 persen dari kebutuhan harian akan kalium dengan porsi 3 ons daging kakap merah yang dimasak. Kalium merupakan zat yang dapat berguna sebagai mineral dan elektrolit. Hal ini diperlukan oleh tubuh untuk memicu enzim yang dibutuhkan dalam metabolisme energi dan untuk kesehatan jantung dan rangka otot untuk berkontraksi dengan baik. Diet yang tidak memiliki kadar kalium yang memadai dapat meningkatkan resiko terkena stroke, tekanan darah tinggi, osteoporosis dan batu ginjal. Seseorang juga bisa menjadi kekurangan kalium jika terlalu sering mengkonsumsi natrium dalam jumlah yang besar. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang cara-cara untuk mengurangi asupan natrium Anda dan meningkatkan kadar kalium Anda dengan aman agar system tubuh anda dapat berjalan dengan baik.

Ikan kakap merah mengandung 0.31 gram omega-3 asam lemak dalam setiap porsi 100 gram. Konsentrasi asam lemak omega-3 kurang lebih sama dengan jumlah yang disediakan dengan porsi 3-ons udang, lele, kepiting atau kerang.

Penulis: Ana Noorina, Pemerhati gizi anak
Foto: google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya