» » Nangka

Nangka

Penulis By on Monday, January 16, 2017 | No comments




Oleh : Ana Noorina

Nangka atau yang sering dikenal dengan istilah jack fruit memiliki banyak manfaat. Buah nangka mengandung senyawa seperti isoflavon, lignan dan saponin. Senyawa ini bersifat anti-kanker sehingga mampu mencegah sel-sel kanker untuk tumbuh. Selain itu kandungan fitonutrein yang ada dalam buah nangka bisa digunakan untuk mencegah radikal bebas atau pengaruh buruk dari lingkungan. Dengan rutin mengonsumsi buah tersebut maka dapat menurunkan resiko terkena kanker.

Nangka memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sebanding dengan sayuran hijau lainnya. Kandungan zat besi tersebut secara efektif dapat menaikkan kadar sel darah merah di dalam tubuh. Mengingat sel darah merah sangatlah penting, kekurangan sel darah ini dapat menyebabkan kepala sering pusing dan tubuh menjadi mudah lelah yang merupakan gejala dari penyakit anemia.

Buah yang ada di negara tropis ini mengandung serat yang cukup tinggi. Serat sangat bagus untuk mencegah berbagai masalah pencernaan seperti susah buang air besar. Serat juga sangat bagus untuk melindungi membran mukosadi usus dari barbagai bahan kimia yang berbahaya. Ada pula kandungan anti-ulkus dalam buah nangka yang dapat menyembuhkan luka pada dinding lambung.

Kandungan vitamin A yang cukup banyak pada buah nangka dapat mencegah berbagai masalah pada mata dan baik untuk kulit, mengingat vitamin A memiliki banyak sekali manfaat seperti mencegah masalah pada mata saat sudah memasuki usia lanjut, seperti rabun senja, presbiopi dan gangguan lainnya.

Buah nangka banyak mengandung senyawa kalium yang sangat bermanfaat menurunkan tekanan darah, dan membuatnya tetap stabil, tekanan darah tinggi dapat memicu berbagai masalah pada jantung baik jantung koroner maupun stroke.

Penulis : Ana Noorina, Pemerhati gizi
Foto: google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya