» » Biasakan Anak Gosok Gigi Sebelum Tidur

Biasakan Anak Gosok Gigi Sebelum Tidur

Penulis By on Wednesday, March 1, 2017 | No comments




Oleh: Arhie Lestarie

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa menggosok gigi pada saat sebelum tidur merupakan hal yang sangat penting daripada menggosok gigi pada pagi atau siang hari. Namun, tentu saja menggosok gigi pada pagi hari juga jangan sampai terlewatkan, karena setelah sarapan pagi, membersihkan gigi dengan menggosok gigi merupakan hal yang penting juga agar gigi dan mulut tetap dalam keadaan yang bersih dan napas tetep segar.

Menurut Riset Kesehatan Dasar Departemen Kesehatan (RISKESDAS) 2007 yang dilakukan secara nasional hanya menunjukan 28,7 % masyarakat yang memiliki kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur. Hal ini masih sangat mengkhawatirkan mengingat kesehatan gigi merupakan hal yang penting.

Membiasakan anak menggosok gigi setiap sebelum tidur di malam hari terkadang menjadi tugas yang menyulitkan orangtua. Namun, semua itu bisa diatasi bila orangtua tidak hanya menyuruh lewat ucapan, tapi lewat perbuatan.

Apabila anda tidak ada cukup waktu karena sibuk, menggosok gigi bersama dapat dilakukan secara konsisten seminggu sekali. Berikanlah contoh menggosok gigi dengan suasana menyenangkan agar anak menirunya dengan senang hati. Biasakan anak-anak anda untuk menggosok gigi di pagi hari sesudah sarapan dan di malan hari sebelum tidur, anda sebagai orang tua harus memastikan bahwa anak-anak anda melakukan hal tersebut secara teratur setiap harinya, gosok gigi anak-anak anda dengan gosokan melingkar di gigi dan gusi.

Dengan meminta anak-anak melakukan hal-hal ini setiap hari, lama kelamaan mereka akan terbiasa juga melakukannya. Anda mungkin tidak perlu lagi memaksa anak-anak anda untuk menggosok giginya karena mereka sudah hapal dengan kebiasaan tersebut. Terakhir, berikan pemahaman pada anak apa konsekuensinya bila tidak menggosok gigi.

Penulis: Arhie Lestarie, Pemerhati dunia anak
Foto: google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya