» » ​Bayi Anda Sulit BAB? Tidak Usah Terlalu Khawatir

​Bayi Anda Sulit BAB? Tidak Usah Terlalu Khawatir

Penulis By on Tuesday, April 4, 2017 | No comments


Oleh: dr. Nurlaili Muzayyanah, Sp.A, M.Sc.

Apa kabar Bunda dan putra putri tersayang? Semoga sehat selalu, tambah pintar semua.
Bunda yang punya bayi, pernahkah mengalami  si kecil tiba-tiba saja sulit buang air besar (BAB). Sehari dua hari bahkan ada juga yang sampai seminggu. Khawatir pastinya kan?

Sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir. Sulit BAB dalam kedokteran dikenal dengan istilah konstipasi. Untuk bayi hingga usia hingga 6 bulan yang masih minum ASI eksklusif, kalau tidak ada masalah sebelumnya, tidak perlu panik. 

Kemungkinan penyebabnya karena perubahan pola makan-minum ibu. Bisa karena mengkonsumsi makanan, minuman atau obat-obatan tertentu. Cara mengatasinya simpel saja : teruskan dan intensifkan pemberian ASI. Bunda juga perlu memperbanyak makanan yang mengandung serat, termasuk sayuran dan buah-buahan.  Jika si kecil sudah berusia di atas 6 bulan dan sudah makan minum selain ASI, konstipasi biasanya disebabkan makanan yang kurang serat. Jadi perbanyak juga  sayuran dan buah untuk si kecil.

Bila konstipasi berlanjut hingga 1 minggu atau lebih konsultasikan segera ke dokter anak terdekat. Biasanya dokter anak akan memberikan obat untuk memperlancar BAB. Anak pun akan kembali ceria, InsyaAllah.

Penulis: dr Nurlaili Muzayyanah, Sp.A, M.Sc., Dokter Spesialis Anak di RS JIH Yogyakarta

Foto: google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya