» » Peran Sentral Wali Kelas

Peran Sentral Wali Kelas

Penulis By on Tuesday, May 9, 2017 | No comments


Oleh : Suhartono

Sekolah sebagai organisasi kerja terdiri dari beberapa kelas, baik yang bersifat paralel maupun yang menunjukkan penjenjangan. Setiap kelas merupakan unit kerja yang berdiri sendiri dan berkedudukan sebagai sub sistem yang menjadi bagian dari sebuah sekolah sebagai total sistem. Pengembangan sekolah sebagai total sistem atau satu kesatuan organisasi, sangat tergantung pada penyelenggaraan dan pengelolaan kelas. Baik di lingkungan kelas masing-masing sebagai unit kerja yang berdiri sendiri maupun dalam hubungan kerja antara kelas yang satu dengan kelas yang lain.

Oleh karena itu setiap guru kelas atau wali kelas sebagai pimpinan menengah (middle manager) atau administrator kelas, menempati posisi dan peran yang penting, karena memikul tanggung jawab mengembangkan dan memajukan kelas masing-masing yang berpengaruh pada perkembangan dan kemajuan sekolah secara keseluruhan. Setiap murid dan guru yang menjadi komponen penggerak aktivitas kelas, harus didayagunakan secara maksimal agar sebagai suatu kesatuan setiap kelas menjadi bagian yang dinamis di agar sebagai suatu kesatuan setiap kelas menjadi bagian yang dinamis di dalam organisasi sekolah,

Di sekolah dasar dikenal guru kelas, maka di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas dikenal istilah guru wali kelas. Jadi, peran guru wali kelas ini agak lebih spesifik karena melibatkan proses bimbingan secara akademis maupun non-akademis.Wali kelas harus dari guru yang mengajar di kelas tersebut karena berkaitan dengan fungsinya sebagai pembimbing dalam kelas dan ditunjuk oleh kepala sekolah melalui prosedur. Penunjukan wali kelas oleh kepala sekolah dilakukan awal tahun pelajaran.Secara struktural, wali kelas merupakan perpanjangan tangan kepala sekolah dalam mengelola kelas.

Salah satu tugas wali kelas yang sudah sering diketahui adalah mengisi dan membagikan raport kepada siswa. Ini berkaitan dengan tugas seorang wali kelas di bidang administrasi didalam sekolah. Selain memiliki tugas administrasi, wali kelas juga bertugas untuk mengelola siswa di dalam kelas. Pengelolaan siswa di kelas bertujuan untuk membantu proses belajar mengajar agar berjalan optimal.Wali kelas itu sesungguhnya adalah wakil orang tua di sekolah. Mewakili orang tua di sekolah yang berkaitan dengan perkembangan belajar anak.

Adapun peran wali kelas di sekolah sebagai berikut:  (1) Mengatasi masalah-masalah siswa di dalam kelas. (2) Mendiagnosis setiap siswa yang mempunyai masalah. (3) Memberi berbagai pelatihan kepada siswa untuk mendorong timbulnya kesadaran diri. (4) Memasukkan sistem atau pendekatan dan inovasi ke dalam ruang kelas. (5) Mengkomunikasikan antara siswa dan guru, siswa ke kepala sekolah, atau siswa ke orangtua/wali. (6) Memasukkan berbagai alternatif kebutuhan kelas terhadap pemecahan masalah di dalam kelas

Ada juga peran wali kelas yang tidak kalah vital. Bagi siswa yang mengalami masalah baik akademik maupun dalam kedisiplinan bahwa sampai masalah di luar sekolah pun sungguh sangat membantu. Wali kelas adalah tumpuan harapan siswa untuk menyelesaikan masalah mereka, menjadi penengah antara guru dengan siswa, antara orang tua dengan siswa bahkan antara siswa dengan orang lain di luar sekolah jika perlu.

Bagi siswa yang tidak mempunyai masalah sekalipun wali kelas sangat membantu misalnya membantu memberikan kesempatan dan kemudahan bagi siswa, khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya, untuk mengikuti/menjalani layanan dan/atau kegiatan bimbingan dan konseling, dan masih banyak lagi.

Itulah tugas seorang wali kelas, tidaklah mudah. Namun, jika dilakukan dengan keikhlasan dan ketulusan semua akan menjadi mudah. Membangun suasana kekeluargaan, kecerian dan saling menghargai, akan membuat semua menjadi lebih indah dan menyenangkan.
Tersenyumlah wahai guru-guru, tetap semangat. Tak ada yang tak menyenangkan jika dilakukan dengan penuh senyuman. Tataplah keceriaan mereka, canda tawa dan hormat mereka kepada guru, bimbing mereka untuk menjadi insan yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Penulis: Suhartono, Pendidik, tinggal di Yogya

Foto: google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya