» » Program Beasiswa Bidik Misi

Program Beasiswa Bidik Misi

Penulis By on Monday, June 26, 2017 | No comments

Beasiswa bagi sebagian orangtua siswa sangat dibutuhkan, apalagi jika tingkat ekonominya rendah. Nah untuk meraih beasiswa pemerintah sudah menyediakan dari berbagai macam jalur, salah satunya adalah Beasiswa Bidik Misi. Bidik Misi adalah beasiswa pendidikan bagi calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Nasir mengatakan program beasiswa Bidikmisi terkendala sosialisasi yang belum merata di berbagai daerah di Indonesia. Nah salah satu solusinya dengan meningkatkan promosi lewat laman web www.bidikmisi.dikti.go.id yang bisa diakses kapan saja.

Di laman bidik misi tersebut, ada 4 fitur yang ditampilkan yaitu :
Pertama, Fitur Masyarakat yang dapat digunakan untuk melihat pendaftar dari sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Kedua, Fitur Sekolah, fitur ini berisi Sudah Terdaftar/Belum Terdaftar, fitur ini adalah sekolah yang akan atau telah merekomendasikan siswanya untuk mendaftar di bidik misi. Maka disarankan sekolah mendaftarkan diri agar bisa mengakses beasiswa bidik misi ini.

Ketiga, Fitur Siswa, fitur ini untuk siswa atau alumni yang telah direkomendasikan oleh sekolah untuk mendaftar bidik misi. Titik beratnya adalah sekolah merekomendasikan siswanya.

Keempat, Fitur Mahasiswa, fitur ini untuk mahasiswa yang telah menerima bantuan pendidikan bidik bisi (Monev Penerima) sehingga si mahasiswa bisa melakukan pengecekan status pencairan beasiswa mereka.

Web bidikmisi.dikti.go.id juga terdapat Tanya Jawab yang berisi pertanyaan-pertanyaan umum seputar bidik misi. Adapula Petunjuk Teknis, yang berisi pedoman bidik misi dan petunjuk teknis seputar bidik misi, baik petunjuk teknis untuk sekolah atau petunjuk teknis untuk siswa.

Berapa jumlah beasiswa yang diterima?
"Tahun depan, rencananya setiap mahasiswa penerima Bidikmisi menerima Rp 1.050.000 setiap bulan. Rinciannya, Rp 650 ribu untuk biaya hidup dan Rp 400 ribu sebagai uang kuliah, " begitu kata Nasir di laman www.republika.co.id.

Yuk, manfaatkan program beasiswa ini sebaik-baiknya agar orang yang tidak mampu bisa kuliah.


Dinukil oleh : Mahmud Thorif
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya