Daun Pepaya


Oleh: Ana Noorina

Pepaya adalah buah yang sudah lumrah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buahnya yang merah dan manis adalah daya tariknya. Beda dengan daun pepaya yang pahit namun ternyata dengan manfaat yang beragam. Tentu kita tidak akan lupa betapa pahit daun pepaya yang kita konsumsi. Inilah yang menyebabkan kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi buahnya saja.

Daun pepaya memiliki beragam kegunaan alias manfaat untuk proses penyembuhan atau pencegahan beragam penyakit. Beberapa di antara yang dapat disebutkan adalah: penyakit demam berdarah, sakit perut bagi balita, kanker, pencernaan, nyeri haid, malaria, pencegah katarak, pembesaran prostat, emfisema, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sejauh ini tidak ada obat yang spesifik untuk penyakit demam berdaerah dengue. Hanya obat penghilang rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen yang bisa diberikan, dan ada efek samping tersendiri. Jus daun Pepaya adalah obat tradisional yang dapat menyembuhkan demam berdarah tanpa efek samping. Penelitian ilmiah dan beberapa studi telah menunjukkan bahwa, jus daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapin yang dapat meningkatkan trombosit . Gejala demam berdarah adalah menurunnya tingkat trombosit secara drastis dalam darah, sehingga jus daun pepaya akan membantu untuk meningkatkannya kembali. Perusahaan farmasi juga sudah menggunakan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair. Para dokter juga merekomendasikan bagi penderita agar minum 20 sampai 25 ml jus ini, sebanyak dua kali sehari selama seminggu agar cepat memperoleh hasil.

Daun pepaya mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B1, C, E, kalori, protein , karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi dan air. Jus daun memiliki enzim penting yang disebut dengan papain, yaitu yang membantu pencernaan dengan cara memecah protein secara alami.
Manfaat lain yang tak kalah menakjubkan dari jus daun pepaya adalah kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu pada umumnya. Ini adalah cara alami untuk meregenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan berkhasiat, termasuk vitamin A , C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

Penulis: Ana Noorina, Pemerhati gizi

Foto Ilustrasi : google

0 Response to "Daun Pepaya"