Data Pokok Pendidikan (Dapodik)


Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, ini merupakan sumber data utama pendidikan nasional. Dengan slogan satu nusa, satu bangsa, dan satu data ini, dapodik menjadi hal yang wajib ada di setiap sekolah, mulai dari TK dengan istilah DAPOPAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK.

Apa sih yang ada dalam Dapodik ini?
Dalam Dapodik ada memuat bermacam data, pertama data sekolah yang meliputi alamat sekolah, letak koordinat lintang dan bujurnya, jika sekolah swasta yayasa pengelolanya, sampai dengan luas tanahnya.

Kedua sarana dan prasarana (sarpras) yang ada di sekolah tersebut. Mulai dari meja kuris guru dan siswa, jumlah kamar mandi, jumlah papan tulis, bahkan hingga kondisi atap dan dinding sekolah tersebut.

Ketiga data GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) yaitu berisi data guru, dan pegawai yang ada di sebuah sekolah. Data ini meliputi data-data pribadi guru hingga pengelaman guru tersebut dalam berkarir. Data ini menjadi sangat penting, bagi guru yang telah mempunyai sertifikat pendidik, karena kemendikbud akan mengambil data tunjangan sertifikasi ini dari data ini.

Keempat adalah data peserta didik yang berisi dengan detail setiap murid, mulai dari namanya, alamatnya, orangtuanya, berat dan tinggi badanya, hingga berapa jarak dan waktu yang ditempuh ke sekolah. Data peserta didik ini akan diambil untuk berapa nominal Dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang akan diterima oleh sebuah sekolah.

Kelima adalah Rombongan Belajar, yaitu berisi jumlah kelas , jumlah siswa, mata pelajarannya, dan siapa guru yang mengajar di sekolah tersebut. Untuk guru yang mendapat tunjangan sertifikasi, harus memenuhi minimal 24 jam pelajaran dalam sepekan.

Keenam Nilai, data ini adalah berisi nilai-nilai rapaort setiap peserta didik, mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Ketujuh adalah Jadwal Pelajaran, ini adalah data yang baru dirilis di awal tahun ajaran 2017/2018.


Data-data tersebut harus dinput satu persatu oleh operator sekolah. Tugas operator ini memperbaharui data setiap bulan dan harus disinkronisasi ke admin pusat. | Mahmud Thorif

0 Response to "Data Pokok Pendidikan (Dapodik)"