Langkah Pertama Ketika Si Kecil Sakit


Oleh : Dwi Lestari W

Orangtua mana yang tidak panik dan bingung jika anaknya sakit. Mereka selalu cepat-cepat membawa anaknya ke dokter padahal baru sakit satu sampai dua hari.

Padahal jika si kecil sebetulnya orangtua dapat menangani sendiri di rumah dengan cara sederhana. Misalnya ketika si kecil pilek, lebih baik berikan dia obat-obatan sederhana seperti tetes hidung, anak dijemur di pagi hari, banyak minum air putih, atau bisa juga memberikan uap minyak kayu putih. Pada fase awal, kalau anak pilek lalu penyebabnya virus bisa sembuh sendiri. Jangan buru-buru dibawa ke dokter kalau kondisi pileknya tidak sangat mengganggu kegiatan anak atau kalau anak rewel.

Jika anak mengalami demam, maka cari dulu penyebabnya. Banyak hal yang membuat suhu tubuh mereka meninggi, seperti flu atau bahkan sedang tumbuh gigi. Jika memang suhu tubuhnya masih di bawah 38° dan turun saat diberi obat penurun panas yang bisa dibeli bebas di apotek maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tapi, berbeda persoalannya jika demam  sudah nyaris mencapai 39° dan tidak turun meski sudah diberi obat. Segeralah periksa ke dokter anak atau boleh langsung datang ke UGD rumah sakit agar anak segera ditindak untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Sama halnya dengan demam, bayi dan balita mudah sekali menderita buang-buang air. Banyak faktor penyebabnya, salah satunya adalah tidak cocok dengan susu formula yang diminum. Tapi, orangtua sudah harus waspada dan segera pergi ke dokter jika anak buang-buang air lebih dari enam kali dalam semalam. Periksa juga kotorannya seperti apa. Jika sudah berbentuk cairan, berlendir, dan berbau sengit, maka segera periksakan anak ke dokter atau rumah sakit.

Buku berjudul Orangtua Cermat, Anak Sehat ini mengulas berbagai hal yang harus dilakukan kala anak sakit. Buku yang ditulis Dokter Arifianto ini memberi berbagai tips penanganan sederhana yang bisa dilakukan orangtua jika anak menderita sakit. Selain itu, buku ini juga memberi informasi keadaan darurat seperti apa yang mengharuskan anak agar segera ke dokter.


Penulis : Dwi Lestari W, Staf BPH LPIT Insan Mulia Yogyakarta
Foto by google

0 Response to "Langkah Pertama Ketika Si Kecil Sakit"