» » Sirsak

Sirsak

Penulis By on Wednesday, September 20, 2017 | No comments


Sirsak atau yang juga dikenal dengan nama Soursop (Inggris), memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Buah sirsak terdiri dari 67,5 % daging buah, 20 % kulit buah, 8,5 % biji buah, dan 4 % inti buah.

Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6 % dari kandungan gula total.

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu di antaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.


Konsumsi 100 g buah sirsak dapat memenuhi 13% kebutuhan serat pangan sehari-hari. Berbagai manfaat sirsak antara lain sebagai terapi pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi memperlancar pencernaan. Sementara itu, studi di Purdue University membuktikan bahwa daun sirsak mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker prostat, pancreas dan paru-paru.

Foto : google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya