» » Menyiapkan Anak Menjadi Pemimpin di Masa Depan

Menyiapkan Anak Menjadi Pemimpin di Masa Depan

Penulis By on Sunday, October 22, 2017 | No comments




Oleh: Agus Sulistio

Membentuk sikap kepemimpinan anak memang tidak mudah butuh kesabaran dan kesiapan yang matang, Setiap orang tua tua pasti mendambakan buah hatinya kelak akan menjadi seorang pemimpin. Entah suatu hari nanti sang buah hati akan menjadi pemimpin negeri ini, pemimpin dunia, ataupun menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri. Jiwa kepemimpinan memang sangatlah penting dimiliki oleh setiap anak karena dengan begitu anak akan mulai belajar tanggung jawab dan hidup mandiri.

Apa itu kepemimpinan? Kepemimpinan adalah suatu sistem ketika kita mampu mengatur suatu kondisi yang buruk menjadi lebih baik. Pemimpin bukan hanya seorang presiden atau kepala rumah tangga, melainkan yang dimaksud kepemimpinan yakni kita mampu mengatur diri kita agar mampu mengendalikan suasana lingkungan di luar misal kita berani bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan serta kita mampu bekerja sama dengan lingkungan sekitar dalam hal apa pun.

Mendidik anak menjadi pemimpin adalah tugas kita semua. Baik sekolah ataupun keluarga. Di sekolah, secara formal pendidikan ditujukan untuk anak agar ia mengetahui potensi kelebihan dan kekurangan dirinya. Potensi ini akan menjadi kekuatan untuk anak dalam menggali minat dan bakatnya. Pendidikan di sekolah juga menjadi bagian utuh dalam membangun sikap menjadi pemimpin. Pendidikan ini adalah bagian dari pendidikan karakter yaitu membangun sikap kepemimpinan dalam diri tiap anak.

Anak-anak yang secara konsisten mendapat kesempatan untuk memimpin secara adil, akan terbentuk secara sadar dalam dirinya untuk bersikap lebih baik sebagai pemimpin teman-temannya. Dibandingkan dengan sekolah yang tidak memberi kesempatan kepada anak untuk tampil memimpin teman-teman di kelas. Sikap dan mental seorang pemimpin dipelajari sedari awal oleh mereka. Misalnya sikap-sikap saat memutuskan keputusan bersama di kelas, menunjuk temannya dalam kegiatan sekolah saat pertandingan olahraga atau lomba sains, pembagian kelompok kerja bersih setiap harinya, dan bekerja sama dalam mewujudkan sekolah yang bersih adalah bagian-bagian proses pendidikan pemimpin yang penting sejak kecil.

Guru memiliki porsi yang besar dalam menentukan waktu dalam pendidikan karakter ini di kelas. Dinamika – dinamika yang dibangun oleh guru untuk menciptakan suasana pembelajaran kepemimpinan akan sangat menentukan buat siswa. Anak akan belajar dari dinamika keseharian di kelas jika porsi waktu yang disediakan memadai. Tarik ulur dalam menentukan keputusan antara sepenuhnya milik guru atau menyerahkan kepada anak-anak ada dalam otoritas guru yang mengajar. Terkadang guru menentukan keputusannya atau menyerahkan sepenuhnya dan guru hanya mendukung ketika anak membutuhkan arahan untuk mengambil keputusan.

Dinamika seperti penentuan ketua kelompok, penentuan tempat untuk kegiatan outing, penentuan sikap atas masalah di kelas adalah bagian yang menarik dalam proses pendidikan kepemimpinan buat anak-anak. Gunakan setiap kesempatan yang guru miliki di kelas untuk mendidik anak-anak menjadi pemimpin yang baik. Mendidik mereka saat ini memang membutuhkan kesabaran karena buahnya tidak akan bisa dirasakan langsung saat itu juga. Buah pendidikan kepada anak-anak akan terasa saat mereka dewasa menjadi pemimpin.

Demikian halnya di rumah, pendidikan kepemimpinan bisa dilakukan secara konsisten. Pendidikan rumah melalui abi dan umminya adalah hal pokok yang harus ditanamkan kepada anak-anak. Melalui contoh dan teladan yang abi ummi lakukan di rumah secara konsisten, maka anak akan menyerap setiap proses pendidikan kepemimpin tersebut dengan baik. Sama halnya dengan pendidikan di sekolah, di rumah juga butuh proses yang panjang yang tidak akan abi ummi dapatkan dalam waktu yang dekat. Pendidikan kepemimpinan ini adalah proses yang panjang, tidak instan dan singkat. Mendidik anak-anak cara menjadi pemimpin yang baik adalah tugas yang harus diemban setiap keluarga. Terlebih, anak-anak adalah penerus keluarga yang kelak semua orangtua akan diminta  pertanggungjawabannya dalam segala sesuatu yang menyangkut kehidupan mereka termasuk pendidikan.

Untuk menjadi pemimpin, tentu saja kita harus tahu hal-hal mendasar tentang kepemimpinan ini. Kita akan tahu cara menjadi pemimpin pada saat kita tahu nilai-nilai penting dalam mendidik anak untuk menjadi pemimpin. Nah inilah yang harus kita sadari bersama baik oleh orangtua maupun oleh guru di sekolah-sekolah.

Penulis : Agus Sulistio, Pemerhati dunia anak
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya