» » Guru Hebat, Pencetak Generasi Emas Anak Bangsa

Guru Hebat, Pencetak Generasi Emas Anak Bangsa

Penulis By on Sunday, December 24, 2017 | No comments

Oleh : Wiwiek Afifah

Wacana pendidikan khususnya tentang penguatan kompetensi guru dan revitalisasinya di masyarakat tidak pernah berhenti diperbincangkan. Berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas guru guna berkontribusi nyata untuk kehidupan juga selalu diangkat. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa pada dasarnya guru sebagai pioner pendidikan adalah bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan. Michael Kelly mengatakan bahwa “Education must provide the next generation of citizen with the knowledge, skill, and values they will require to confront the challenges of the future.” Sudah semestinya pendidikan berperan membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai yang akan mereka gunakan untuk masa depan mereka. Hal ini karena pada dasarnya hakekat pembelajaran dalam pendidikan adalah membentuk anak didik agar menjadi diri mereka sendiri secara utuh dan bahkan mendukung process of becoming whole people.

Guna memperkuat eksistensi pendidikan, diperlukan guru-guru yang hebat, cerdas, dan multitalenta. Guru cerdas, hebat, dan multitalenta, itulah guru masa depan. Guru masa depan itu sendiri digambarkan sebagai sosok yang tidak hanya dapat mengajarkan materi kepada anak didiknya saja namun juga memiliki kemampuan dan semangat juang untuk membantu tunas bangsa menjadi manusia sejati. Once again, guru masa depan adalah merekalah yang komunikatif, humanis, senantiasa berfikir kritis, bertindak, dan selalu berusaha mencari berbagai macam solusi untuk menyelesaikan tumpang-tindih permasalahan yang kelak akan muncul dalam lingkungan mereka. Hal ini sejalan dengan hakikat dan peran guru itu sendiri yakni sebagai sumber pemberi keteladanan, inspirasi, motivasi, dan tentunya ujung tombak pencetak generasi unggul anak bangsa.

Guru yang dibutuhkan bangsa Indonesia untuk mencetak generasi emas adalah merekalah yang memiliki kemampuan lebih yakni cerdas, hebat, komunikatif, agamis, dan multitalenta. Mereka yang secara sadar serta memiliki berbagai cara dalam menemukan bakat dan minat yang belum terasah dalam diri anak didiknya, itulah guru hebat idaman bangsa. Guru hebat akan selalu dikenang sepanjang masa karena ia mampu mengakomodasi seluruh potensi dan kemampuan anak didiknya menjadi lebih maksimal. Kemampuan utama guru hebat adalah ia memilii kepekaan dan tentunya mampu menginspirasi semua orang-orang di sekitarnya. Kiprahnya mampu melahirkan generasi unggul, tangguh, inovatif, kreatif dan tampil sempurna di masa depan.


Penulis : Wiwiek Afifah, Dosen STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Foto : google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya