» » Musim Hujan, Jaga Kesehatan Anak

Musim Hujan, Jaga Kesehatan Anak

Penulis By on Tuesday, January 30, 2018 | No comments


Oleh : Arhie Lestari

Memasuki musim hujan, kita harus memiliki daya tahan tubuh yang prima. Tak terkecuali bagi anak. Daya tahan tubuh anak tidak sekuat orang dewasa. Di musim hujan ini, biasanya banyak anak yan sakit. Karena itu, penting bagi orangtua untuk tetap menjaga kesehatan dan vitalitas anak.

Menjaga kesehatan anak bisa diawali dari pola makan. Pola makan yang dimaksud adalah kebutuhan nutrisi,vitamin dan lainnya tercukupi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu porsi makanan setiap harinya harus pas atau ideal. Jangan berlebihan dan jangan kurang.

Langkah selanjutnya adalah menjaga kebersihan. Dalam keadaan kotor kuman dan bibit penyakit cepat berkembang biak. Maka orangtua wajib menjaga kebersihannya seperti menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, menjaga kebersihan kuku dan anggota tubuh yang lain serta menjaga kebersihan pakaian. 

Ada juga yang tidak kalah penting, yakni istirahat yang cukup. Istirahat adalah proses untuk meringankan beban otak. Selain itu juga pertumbuhan tubuh anak juga terjadi pada waktu beristirahat. tidur 8 jam sehari sudah cukup untuk anak.

Orangtua juga dituntut untuk peka dan cepat bertindak. Maksudnya, orangtua harus cepat menanganinya jika anak anda mengelami gejala seperti sakit kepala, batuk, demam atau penyakit lainya agar tidak terlambat. 

Mengajari anak untuk hidup sehat itu mudah jika kita tahu caranya. Dengan mengajari anak untuk selalu menjaga kebersihan seperti cuci tangan sebelum makan atau yang lainnya, insya Allah anak bisa terjaga dan kebal terhadap berbagai penyakit terutama saat musim pancaroba saat ini.

Penulis : Arhie Lestari, Pemerhati kesehatan anak

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya