» » » » Guru Inspiratif yang Dicintai

Guru Inspiratif yang Dicintai

Penulis By on Friday, March 30, 2018 | No comments

Oleh : Dr. Subhan Afifi, M.Si.

Masih ingat nasihat guru-guru di jaman sekolah dulu yang sangat berbekas, dan terus dipegang jadi pedoman kehidupan hingga kini?
.
Di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta, Alhamdulillah saya menemukan guru-guru inspiratif yang nasihatnya masih terngiang-ngiangnya hingga saat ini. Padahal 25 tahun sudah terlewat begitu cepat.
.
Ada Almarhum Pak Jarot, guru Fisika yang nasihatnya tercatat kuat di benak. "Jangan pernah menyalahkan keadaan, tapi carilah cara mengatasi keadaan," kata beliau pada murid-muridnya agar jangan cengeng dan banyak mengeluh, karena kurang ini, belum ada itu. Lakukan saja, perbanyak usaha dan do'a. Mengadulah kepada yang tepat, yang Maha Memberi solusi. Bukan ke sembarang orang, atau mengumbar keluh kesah yang justeru akan membuatmu kecewa.
.
Pak Hery Susiswanto guru sejarah punya cara yang unik untuk memotivasi murid-muridnya. Cerita beliau tentang sejarah perjuangan bangsa ini begitu hidup, bukan sekedar penggalan tahun-tahun yang wajib dihapal tanpa makna. Kisah tentang pidato Soekarno yang beliau hidupkan di kelas begitu menancap juga di benak ini hingga kini. Seolah-olah Pak Heri saat itu ingin mengajarkan kepada murid-muridnya bahwa keterampilan public speaking penting untuk dikuasai. .
.
Bu Kariyah, guru matematika bersahaja yang kemana-mana selalu berkebaya dan berkerudung, pernah bilang ke saya begini : "Subhan ini lho..kalau disuruh ngerjakan soal Matematika nggak bisa, tapi kalau disuruh pidato, semangat." Hehe. Ulangan Matematika beliau saya mesti dapat nilai jelek, padahal jurusan saya A1 (Fisika). Bener juga kata Bu Kariyah, saya mestinya nggak masuk A1. Kuliah pun akhirnya saya masuk jurusan Ilmu Komunikasi. 2 kali daftar UMPTN ambil jurusan Teknik nggak diterima. Diterimanya ya di Ilmu Komunikasi itu. Mungkin ini bagian dari do'a bu Kariyah..hehehe. .
-----
Berbincang tentang "Guru Inspiratif dan Dicintai" bersama di SMA MUHI, Kamis 29 Maret 2018. Semoga Allah Ta'ala memberi kesehatan, melindungi dan membarokahi guru-guru kami yang mulia. Amin ya Rabb.


Dr. Subhan Afifi, M.Si., Kepala Jurusan Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta

Sumber Tulisan Instagram @subhanafifi
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya