» » Jambu Kristal

Jambu Kristal

Penulis By on Monday, April 23, 2018 | No comments


Oleh : Ana Noorina

Jambu kristal merupakan salah satu buah yang banyak vitamin, dan merupakan salah satu buah yang banyak berguna bagi kesehatan, buah jambu kristal terdapat vitamin C yang tentunya dapat menangkal berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh, tak hanya buahnya akan tetapi tumbuhan jambu kristal terdapat juga manfaatnya di daunnya dan kulitnya yang berguna untuk mengatasi penyakit seperti halnya diare. Jambu kristal tergolong dalam famili Psidium, spesies Guajava, Myrtaceae. kalau dalam bahasa lati disebut dengan Psidium guajava. Kalau dalam bahasa inggris di sebut dengan Guava. Kalau di Indonesia dikenal dengan jambu biji kristal, jambu siki, jambu klutuk dan jambu batu.

Kandungan Vitamin C dalam jambu kristal 87 mg, yang lebih dari jeruk manis sekiar 49 mg/100 g, dan lima kali lipat dari orange 19 mg/100 g, dan delapan kali dari lemon 10,5 mg/100 g. dalam hal ini maka kadungan jambu kristal lebih dari jambu bol dan jambu air yang kandungan vitamin C nya hanya per 10 mg di banding dengan jambu kristal 17 kali lipat dari jambu Bol 22 mg/100 g, jambu air 5 mg/100 g.

Jambu kristal memiliki serat yang tinggi, dan juga jambu Kristal mengandung senyawa yang bernama astringents. Senyawa astringents ini ternyata merupakan salah satu pelaku yang dapat membunuh bakteri yang menjadi penyabab kemunculan penyakit diare.

Jambu Kristal juga baik untuk mengurangi lendir di tenggorokan. Selain itu, jambu kristal sendiri juga dapat menjadi menghambat aktivitas kuman dan mikroba yang menyebabkan batuk flu yang anda alami.

Jambu kristal juga memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu zat antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada jambu kristal ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi biang keladi dari berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, radikal bebas juga berperan dalam tejadinya proses penuaan dini, terutama yang terjadi pada area kulit.

Jambu kristal juga memiliki kandungan vitamin A yang juga cukup tinggi. Vitamin A, selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Protein, karbohidrat, serat dan vitamin kompleks yang ada pada buah jambu kristal, dapat memberikan energi yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, buah jambu kristal juga memiliki kandungan gula, yang tentu saja sangat berguna untuk kebutuhan energi tubuh sehari-hari.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya