» » Jadi Orangtua Pun Ada Ilmunya

Jadi Orangtua Pun Ada Ilmunya

Penulis By on Friday, May 4, 2018 | No comments


Oleh : Dwi Lestari W

Membesarkan anak dengan baik dan berhasil memerlukan pengetahuan, keterampilan dan kesabaran. Menjadi orangtua yang baik ibarat melaksanakan pekerjaan yang tidak pernah berakhir. Sebagai ibu, sejak mengandung, melahirkn, merawat, membesarkan dan mendidik selalu menjumpai hal-hal baru dan menghadap hal-hal yang mencengangkan.

Sementara itu, peran sang ayah dalam mendorong, mengasuh, meneladani dan mendidik juga tak kalah menantang dan menarik. Berapa pun usia seorang anak, laki-laki atau perempuan, bagi orangua, dia tetaplah anak yang suatu saat akan kembali dan membutuhkan nasihat.

Anak tetaplah anak yang perlu dihargai, dicintai, diasuh dan dibina, tentu dengan cara-cara yang sesuai dengan umurnya. Mungkin seseorang berpikir telah selesai mendidik anak ketika dia diwisuda, bekerja atau telah menikah, tetapi bukan berarti anak sudah tidak memerlukan kasih sayang dan petuah orangtua dalam menjalani kehidupannya. Pola pengasuhan yang baik dan benar akan berpengaruh sepanjang hidup seseorang. Kehadiran orangtua secara fisik tidak selalu mutlak dan konstan, tetapi anak perlu tahu bahwa orangtua selalu bersamanya dalam doa dan kasih sayang yang tak bertepi dan berakhir.

Untuk menjadi orangtua yang baik perlu selalu belajar dan berlatih tanpa henti disertai doa dan tujuan yang jelas dan terarah untuk membangun anak menjadi seseorang yang bermakna dan bermartabat. Hal ini harus diawali dengan niat yang kukuh untuk membina diri sendiri menjadi orangtua tangguh dan pintar. Tidak ada sekolah formal untuk menjadi orangtua pintar. Karena itu, orangtua harus rajin meng-upgrade ilmu kepengasuhan agar dapat menanngani masalah parenting yang makin kompleks. Bisa dalam bentuk ikut kajian, baca buku, dan sebagainya.

Buku berjudul Buku Pintar Orangtua ini merupakan sebuah panduan ringkas tetapi memiliki muatan konten yang padat. Buku ini dirancang untuk menjadikan kita sebagai orangtua yang mahir mengelola permaslahan yang hadir setiap hari kala kita mengasuh dan mendidik anak. Tema dalam buku ini mencakup kesehatan dan gizi, pendidikan seksualitas anak, tumbuh kembang anak, kepengasuhan dan komunikasi serta pendidikan karakter.

Penulis : Dwi Lestari W, Staf BPH Yayasan Insan Mulia Semesta Yogyakarta

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya