» » Manfaat Kakao bagi Kesehatan

Manfaat Kakao bagi Kesehatan

Penulis By on Monday, May 28, 2018 | No comments


Oleh : Ana Noorina

Kakao mungkin masih sangat asing di telinga kita. Padahal kakao adalah nama asli buah coklat. Meskipun memiliki nama coklat, namun buah asli dari coklat sendiri tidaklah berwarna coklat, melainkan kuning untuk buah yang siap dipanen. Nama asli dari buah itu sendiri adalah kakao (cocoa) yang pada dasarnya terasa sangat pahit ketika langsung dikonsumsi begitu saja.

Kakao atau cocoa yang diolah menjadi coklat biasanya dipanen ketika buahnya sudah berwarna kuning, dan tidak perlu repot memanennya. Karena selain hanya tinggal memetik, pohon kakao juga bukan merupakan jenis pohon musiman, yang artinya dapat berbuah kapan saja.

Buah coklat memiliki kandungan kafein, theobromine, methyl – xanthine dan phenylethylalanine yang alami. Semua kandungan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita, terutama dalam hal memperbaiki kondisi pikiran – pikiran tubuh dan memiliki sifat menenangkan, sehingga dapat memperbaiki mood seseorang. Kondisi mood yang buruk akan dapat teratasi dengan mengkonsumsi produk olahan buah coklat, terutam yang memiliki kandungan coklat murni yang tinggi. Selain memperbaiki mood seseorang

Salah satu hal yang paling direpotkan terutama oleh kaum wanita ialah proses penuaan alias aging. Banyak wanita yang kerepotan mencari terapi apa yang pas untuk mengurangi penuaan yang muncul. Namun, jawabannya sebenarnya mudah, yaitu konsumsilah coklat. Minyak esensial yang terkandung dalam coklat mampu memberikan efek anti aging yang luar biasa dan dapat mengurangi tanda – tanda penuaan pada tubuh. Selain itu, manfaat lain dari minyak esensial coklat adalah memperkuat tulang, mempertahankan kesehatan kuku, menjaga kekuatan dan kesehatan rambut, serta menjaga kesehatan kulit.

Salah satu kandungan penting yang ada di dalam coklat adalah antioksidan dan flavonoid. Kandungan dari kedua zat ini memiliki fungsi utama yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Seperti kita ketahui, radikal bebas yang tidak dapat ditangkal dan masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan dapat melemahkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh anda. maka dari itu, konsumsi coklat sangat baik bagi anda yang ingin bebas dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penulis : Ana Noorina, Pemerhati gizi anak

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya