» » Otak Anak Butuh Makanan

Otak Anak Butuh Makanan

Penulis By on Friday, June 22, 2018 | No comments


Oleh : Muhammad Rizal

Sebagaimana tubuh kita, agar mampu menghasilkan energi dan tenaga maksimal, otak juga memerlukan makanan. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab makanan otak dapat meningkatkan memori dan keterampilan, sehingga membuat anak lebih mahir dalam menghafal atau mengingat sesuatu.

Berbagai nutrisi yang bisa jadi makanan otak untuk anak, seperti dilansir boldsky, antara lain:
(1)  Produk susu. Susu merupakan sumber yang kaya protein, kalsium, kalium
, dan vitamin D. Semua nutrisi penting ini adalah kunci untuk pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmiter, enzim, dan jaringan otak. (2) Semua jenis buah Berry. Buah-buahan jenis ini menyediakan hampir semua nutrisi penting untuk otak. Buah Berry merupakan sumber antioksidan dan vitamin C yang membantu dalam mengurangi stres oksidatif.(3) Telur dan kacang.Jenis makanan ini mengandung banyak kolin. Kolin dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak, juga meminimalkan kelelahan. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber vitamin D, yang mampu mengurangi penurunan fungsi kognitif.

(4) Gandum utuh. Tubuh membutuhkan pasokan reguler dari glukosa yang disediakan oleh biji-bijian. Vitamin B meningkatkan aliran darah sistem saraf yang merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga semua organ tubuh untuk aktif, termasuk otak. (5) Salmon. Ikan dengan tingkat lemak tinggi seperti Salmon merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 seperti DHA dan EPA. Ini adalah nutrisi penting untuk pengembangan otak yang tepat. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi ikan memiliki memori lebih tajam dari pada yang tidak.

Inilah penjelasan singkat mengenai makanan otak yang diperlukan anak. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Penulis : Muhammad Rizal, Pemerhati dunia anak, tinggal di Yogya
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya