» » Melon

Melon

Penulis By on Saturday, July 14, 2018 | No comments




Oleh: Ana Noorina

Buah melon memiliki banyak manfaat serta kaya kandungan zat dan vitamin yang terdapat di dalamnya. Pada satu buah melon, terkandung 60 kalori dan 14 gram kandungan gula alami.

Selain itu, manfaat buah melon juga dapat memberikan energi, serta kadar lemak yang rendah. salah satu manfaat buah melon adalah mengandung dosis kalium seimbang untuk tubuh, pada satu cangkir (100 gram) daging buahnya. Kalium dalam melon ini juga membantu mencegah naiknya tekanan darah.

Buah melon mengandung vitamin C yang berguna baik untuk  kesehatan. Perharinya, kita bisa mengonsumsi satu cangkir melon, yang sama dengan kebutuhan harian vitamin C Anda. Vitamin C berguna baik untuk tubuh, karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

Buah melon mengandung sejumlah serat yang membantu mengatur pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang baik, biasanya berhubungan juga dengan buang air secara teratur. Artinya, dengan makan buah melon, bisa  mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit contohnya.

Selain itu, melon juga merupakan buah yang rendah kalori. Jadi kalau ingin diet, boleh Anda memperhitungkan melon sebagai asupan diet.

Manfaat buah melon ini akan banyak membantu tubuh untuk menjaga kestabilan berat badan, serta menghindari tubuh dari penyakit-penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi bahkan hingga kanker.

Seperti vitamin B lainnya, vitamin B-6 berfungsi sebagai koenzim, enzim yang berguna untuk mengaktifkan proses kimia. Enzim ini digunakan salah satunya untuk memetabolisme protein. Vitamin B-6  dalam buah melon, penting untuk merangsang sistem saraf serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur mood dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Selain itu kandungan vitamin B-6 pada buah melon dapat mengubah kandungan homosistein menjadi zat bermanfaat menjadi asam aminio yang baik untuk tubuh. Penting untuk mengubah zat homosistein, karena zat tersebut sering dikaitkan dengan adanya risiko peningkatan masalah kardiovaskular. Selain vitamin B6, melon juga mengandung vitamin B1 dan vitamin B3 yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.||

Penulis: Ana Noorina. Pemerhati gizi anak
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya