» » Nasehat itu Qalla Wa Dalla

Nasehat itu Qalla Wa Dalla

Penulis By on Thursday, July 19, 2018 | No comments

Oleh : Mohammad Fauzil Adhim

Apa yang paling berharga dari perjalanan jauh bersama anak? Bukan asyiknya makan bersama, bukan pula sekedar canda, meskipun ini merupakan pengalaman penting yang bermakna bagi anak.

Lalu apa yang sangat perlu kita rebut saat bersama anak? Menanamkan prinsip hidup dan nilai-nilai hidup secara sengaja dalam suasana yang nyaman dan pada saat berharga untuk anak kita. Anak yang memiliki prinsip hidup semenjak awal, meskipun ia sulit mendefinisikan, cenderung memasuki masa remaja tanpa perlu mengalami keguncangan. Ada arah yang ia mantap untuk melangkah.

Tetapi perjalanan bersama bisa berubah menjadi kesempatan yang sangat membosankan dan bahkan melelahkan jika sepanjang perjalanan kita hujani anak dengan nasehat nyaris tanpa henti. Prinsip dasar nasehat itu qalla wa dalla (ringkas, padat, mudah dipahami). Selain itu hendaklah kita sabar dalam menyampaikan. Tidak tergesa-gesa. Tunggu saat yang tepat. Benar itu harus. Tak dapat ditawar-tawar lagi. Tetapi itu tidak cukup. Kita perlu sabar dan penuh kasih-sayang.

Inilah yang kita perlu senantiasa berusaha seraya memohon pertolongan Allah 'Azza wa Jalla agar dapat berlaku lembut, sabar dan tenang.

Mohammad Fauzil Adhim, Penulis Buku
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya