» » Memilih Sekolah untuk Anak, Apa yang Harus Dipertimbangkan?

Memilih Sekolah untuk Anak, Apa yang Harus Dipertimbangkan?

Penulis By on Thursday, August 2, 2018 | No comments


Oleh: Galih Setiawan

Sekolah adalah tempat menempa berbagai aspek pertumbuhan anak. Karakter anak juga dipengaruhi oleh kondisi yang ia alami di sekolah. Karena itu, memilih sekolah yang tepat adalah salah satu kunci keberhasilan pendidikan anak di masa mendatang
.
Ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan orangtua.

Pertama, Visi, misi, dan tujuan sekolah.
Harus dipahami oleh para orangtua bahwa visi, misi dan tujuan sekolah akan menentukan kurikulum yang akan dikembangkan,
“sesuaikah visi, misi dan tujuan  sekolah tersebut dengan pandangan pendidikan di keluarga dan harapan orangtua?”.

Disarankan, para orang tua sebaiknya memilih sekolah yang kurikulumnya didesain untuk mempelajari apa yang diperintahkan Allah dan mengarahkan siswa untuk mencintai dan mentaati Allah dan rasul-Nya. Maka, pilihan sekolah dapat jatuh pada sekolah yang berbasis Islam sebagai prioritas, sebab tentunya sekolah tersebut akan mengajarkan hikmah ilahiyah, baik dalam ilmu ibadah maupun ilmu umum.

Siswa diajarkan bukan hanya menghafal namun juga memahami dan menerapkan ilmu agama tersebut sehingga dapat berperilaku sesuai ajaran Islam.

Kedua, para orangtua dituntut untuk mengenal siapa gurunya.
Sebaiknya orangtua memilih sekolah yang memiliki para pendidik yang berakhlak Islam, kompetensi, profesionalisme dan kemampuan komunikasi yang baik.

Pengajar harus dapat bekerjasama dengan orang tua dalam memantau perkembangan belajar anak. Orangtua pun berhak melihat CV (riwayat hidup) tiap pengajar untuk memastikan bahwa sekolah yang diminati menerapkan standar kualitas dalam merekrut tenaga pendidik mereka.

Anda juga bisa bertanya pada orang lain yang Anda kenal yang putranya bersekolah di sekolah yang Anda pilih.

Ketiga, pertimbangan lainnya dalam memilih sekolah adalah perhatikan kondisi sekolah dan lingkungan di sekitarnya, termasuk kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah. Fasilitas sekolah tidak harus mewah namun aman dan nyaman, sehingga anak dapat lebih fokus dalam kegiatan belajar mengajar.
Fasilitas penunjang tersebut antara lain berupa ruang kelas yang bersih dan lapang, adanya laboratorium, kantin yang higienis, perpustakaan dan ruang ibadah dan sebagainya.

Tentu saja sekolah bukan faktor utama penentu keberhasilan dan masa depan anak, namun selayaknya sebagai orangtua kita berikhtiar memilih sarana yang baik bagi anak dalam menggapai cita-citanya.

Keempat, selain itu, para orang tua juga harus memperhitungkan jarak sekolah dari rumah.
Jangan sampai terlalu jauh sehingga anak lelah di jalan dan tidak semangat belajar.

Namun sekarang banyak fasilitas Asrama atau pondokan yang disediakan, hal tersebut bukan berarti aman bagi orang tua, kalau pengasuh pondoknya justru tidak memiliki tanggungjawab dan akhlaq Islam pula, inipun haruslah menjadi pertimbangan bagi orang tua dalam memilih sekolah.

Kelima, Pertimbangan kemampuan orang tua yang menyangkut pembiayaan sekolah. And last but not least, pikirkan matang-matang kemampuan finansial Anda untuk membayar segala biaya yang dibutuhkan, baik uang pangkal maupun uang bulanan ke depannya. Pastikan Anda memiliki sumber-sumber dana yang cukup untuk konsisten membayar ke depannya, jangan sampai anak harus berhenti di tengah studi dikarenakan keterbatasan masalah finansial ini.

Keenam, hal penting lainnya bagi orangtua jika hendak menentukan pilihan sekolah bagi anak-anaknya adalah berdiskusi dengan anak, hargai anak untuk mengemukakan pendapatnya.

Yang harus menjadi perhatian bagi orang tua adalah jikalau pilihan anak tidak sesuai bahkan jauh dari nilai-nilai Islam, maka berilah pengertian pada anak sehingga anak mampu memahami akan pilihannya yang salah.

Pemilihan sekolah yang tepat akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak. Peran sekolah bukan hanya tempat mengenyam pendidikan formal, namun juga merupakan miniatur kehidupan, karena di dalam sekolah anak belajar bersosialisasi dan lingkungan sekolah sangat berperan membentuk karakter seorang anak.||
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya